Prenatal Yoga - Manfaat Bagi Ibu Hamil dan Janinnya

Prenatal yoga adalah salah satu jenis yoga yang secara khusus dirancang untuk ibu hamil. Yoga hamil berfokus pada pengaturan pernapasan, peregangan tubuh, postur tubuh, dan rileksasi tubuh. Hal-hal tersebut cukup penting selama masa kehamilan mengingat perubahan fisiologis yang dialami.

Prenatal Yoga - Manfaat Bagi Ibu Hamil dan Janinnya

Kabar kehamilan umumnya membuat para wanita ingin melakukan semua hal terbaik bagi calon buah hatinya. Tidak sedikit wanita yang tertarik untuk melakukan prenatal yoga. Jenis latihan yang berasal dari India ini memang telah dikenal memiliki dampak positif bagi ibu hamil dan janinnya secara fisik dan mental. 

Prenatal Yoga

Mengapa yoga hamil cukup penting untuk dilakukan? Selain aman dengan memerhatikan banyak faktor, prenatal juga juga penting dilakukan. Pasalnya, ada banyak manfaat yang meliputi fisik dan mental bagi ibu hamil dan janinnya. Inilah alasan jika Anda melihat banyak pihak yang merekomendasikan yoga ibu hamil.

Keamanan melakukan Prenatal Yoga untuk ibu hamil

Secara umum, prenatal yoga aman dilakukan oleh ibu hamil. Ibu dengan kondisi kehamilan yang sehat relatif aman melakukan yoga. Yoga hamil akan aman jika dilakukan pada waktu yang tepat, frekuensi yang seimbang, tempat yang cocok, dan gerakan yang aman.

Selama Anda mengikuti panduan prenatal yoga yang benar, maka yoga ibu hamil yang Anda lakukan akan aman dan membawa manfaat bagi Anda dan janin.

Manfaat Prenatal Yoga

Mungkin sudah sering kali mendengar bahwa yoga bermanfaat bagi kesehatan tubuh baik secara fisik, mental, dan pikiran, berikut manfaat prenatal yoga bagi ibu hamil dan janinnya

1. Memudahkan proses persalinan

Proses persalinan yang dialami oleh para ibu hamil cukup bervariasi. Ada ibu hamil yang sulit dan lama menjalani proses persalinan, tetapi ada pula yang mudah dan cepat. Pastinya Anda ingin memiliki proses persalinan yang mudah dan cepat bukan?

Prenatal yoga bisa menjadi salah satu cara untuk mencapainya. Manfaat prenatal yoga bisa melatih pernapasan saat melahirkan, menguatkan otot untuk mengejan, rileksasi pikiran, kelenturan otot-otot di jalan lahir, dan lainnya yang berkontribusi pada kemudahan persalinan.

2. Menekan keluhan kehamilan

Meskipun dianggap wajar bila banyak keluhan yang dialami selama kehamilan, tetapi banyak juga ibu hamil yang tidak ingin merasakan atau mengurangi keluhan tersebut. Manfaat prenatal yoga ternyata bisa menekan berbagai keluhan kehamilan. Beberapa keluhan kehamilan yang dapat diatasi dengan melakukan yoga hamil di antaranya seperti rasa nyeri, gangguan tidur, mual-mual, sakit kepala, kesulitan bernapas, dan rasa gelisah.

3. Menjaga suasana hati tetap baik

Sebuah penelitian membuktikan bahwa prenatal juga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan konsumsi oksigen, dan mengaktifkan respons relaksasi pada neurotransmiter. Hal tersebut berdampak pada terjaganya kondisi suasana hati Anda agar tetap baik. Sebagaimana kita ketahui bahwa perubahan hormon kehamilan membuat para ibu hamil acap kali mengalami suasana hati yang buruk.

Dengan melakukan yoga hamil, suasana hati yang tidak menentu itu pun bisa dicegah tanpa harus menggunakan obat-obatan anti depresi. Ingatlah bahwa mood yang selalu baik berdampak positif terhadap karakter bayi Anda kelak.

4. Menjaga penampilan tubuh tetap menarik

Tidak ingin tubuh kendur setelah melahirkan? Lakukanlah prenatal yoga karena manfaat yoga bagi ibu hamil ini bisa membuat otot-otot tubu tetap kencang selama masa kehamilan. Jadi, penampilan Anda pun tetap menarik setelah melahirkan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat yoga bagi ibu hamil bisa meningkatkan kualitas tidur. Masa kehamilan memang membuat para ibu hamil mengalami berbagai gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut memang wajar terjadi pada ibu hamil tetapi bukan berarti itu baik. Ibu hamil yang memiliki kualitas tidur yang baik tentunya akan memiliki kondisi kehamilan yang lebih sehat baik secara fisik maupun kejiwaan. Proses kelahiran pun cenderung lebih lancar dan terhindari dari operasi caesar.

6. Menguatkan ikatan dengan bayi

Pastinya Anda ingin memiliki ikatan yang kuat dengan bayi Anda bukan? Prenatal yoga bermanfaat untuk meningkatkan ikatan antara Anda dan si buah hati sejak ia masih di dalam kandungan. Perkuatlah ikatan ini dengan memberikan ASI penuh setelah persalinan.

7. Menurunkan risiko komplikasi kehamilan

Komplikasi kehamilan menjadi momok tersendiri bagi para wanita yang sedang mengandung. Siapa pun tentu berharap tidak akan mengalaminya. Meskipun tidak ada jaminan untuk menghindari komplikasi ini, tetapi ada cara untuk menurunkan risikonya. Prenatal yoga bisa menurunkan terjadinya beberapa komplikasi kehamilan. Manfaat yoga bagi ibu hamil bisa menurunkan risiko kelahiran prematur, diabetes gestasional, pre-eklampsia, dan lainnya.

Kapan ibu hamil boleh melakukan prenatal yoga?

Tanda garis dua pada test pack yang Anda lihat tidak serta merta menjadi ‘tiket’ untuk bisa segera melakukan prenatal yoga. Janganlah tergesa-gesa melakukan yoga hamil. Alih-alih bermanfaat, malah itu bisa berisiko dan berbahaya.

Lakukanlah yoga di waktu yang aman. Waktu yang dianggap aman untuk melakukan yoga hamil adalah ketika usia kandungan menginjak trimester 2 (minggu ke-14) jika kondisi kehamilan sehat dan normal. Akan tetapi, waktu ini berbeda jika kehamilan Anda merupakan program bayi tabung.

Perempuan yang telah hamil setelah menjalani program bayi tabung perlu menunggu pada minggu ke-20 untuk bisa melakukan prenatal yoga. Sebaiknya, Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memastikan waktu yang tepat untuk yoga hamil karena kondisi kehamilan Anda bisa jadi tidak mendukung.

Frekuensi dan durasi melakukan yoga ibu hamil

Prenatal yoga bisa dilakukan setiap hari jika memungkinkan bagi ibu hamil. Akan tetapi, tidak semua ibu hamil bisa melakukannya. Namun, setidaknya yoga ibu hamil dilakukan 1-2 kali dalam seminggu dengan durasi 20-30 menit setiap kali melakukan yoga. Perhatikan juga kemampuan tubuh Anda. Janganlah memaksakan diri karena yoga merupakan sarana latihan fisik yang bertujuan rileksasi dan bukan malah membebani pelakunya.

Hal yang harus diperhatikan jika melakukan prenatal yoga di rumah

Sah-sah saja bila prenatal yoga dilakukan di rumah. Namun, pastikan Anda melakukan gerakan yoga untuk ibu hamil yang sudah terbukti aman. Hindari gerakan yoga yang tidak aman dan berhentilah ketika Anda mulai merasa tidak nyaman.
loading...