Penyebab Diare pada Ibu Hamil

Diare dapat terjadi pada ibu hamil dan dapat muncul kapan saja pada saat kehamilan dan paling umum terjadi saat awal kehamilan. Secara umum, diare juga bisa menjadi tanda kehamilan muda. Selain itu, diare juga dapat muncul pada akhir kehamilan atau saat mendekati persalinan. Diare tidak selalu terjadi pada semua ibu hamil. Namun, jika Anda mengalaminya lebih baik segera pergi ke dokter untuk memeriksa keadaan kesehatan yang dialami.

Penyebab Diare pada Ibu Hamil

Di tengah kehamilan, diare juga dapat muncul. Kondisi ini biasanya terjadi jika ibu hamil memiliki masalah makan yang dikonsumsi. Selain itu, ibu hamil juga dapat menderita gangguan saluran pencernaan karena perubahan komposisi kimia atau hormonal dalam tubuh.

Penyebab diare selama kehamilan

Penyebab diare pada ibu hamil, diare dapat muncul dengan sendiri nya atau dengan faktor penyebabnya, beragam faktor yang dapat memicu terjadinya diare pada ibu hamil, diantaranya yaitu

1. Pola makan

Penyebab yang memicu diare pada ibu hamil adalah makan yang tidak teratur. hal ini karena ibu hamil umumnya memiliki nafsu makan besar. Nafsu makan besar ini membawa ibu hamil untuk memakan apa saja yang diinginkannya.

2. Melakukan Diet

Selama kehamilan, ibu hamil akan mengalami perubahan signifikan dalam makanan. Lebih sering mereka memakan makanan yang lebih sehat dan berserat. Perubahan ini secara dramatis membuat tubuh terkejut dan akhirnya terjadi diare.

Sesuatu yang sehat untuk tubuh. Namun, jika terlalu banyak dapat menyebabkan masalah. Misalnya, makan terlalu banyak memakan makanan dengan serat tinggi dapat memperlambat gerakan di usus dan memicu penyerapan makanan lebih lama.

3. Vitamin Kehamilan

Ibu hamil akan mendapatkan banyak vitamin dari dokter atau bidan, vitamin uang dikonsumsi digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan janin di rahim. mengkonsumsi vitamin dapat membantu pertumbuhan janin dan organ dapat tumbuh dengan sempurna.

Terkadang vitamin yang dikonsumsi selama kehamilan terkadang dapat menyebabkan masalah pada tubuh ibu hamil. diantaranya yaitu menderita sembelit dan juga diare. Jika anda merasa sering mengalami diare ketika konsumsi vitamin kehamilan, ada baiknya konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan vitamin yang baru.

4. Perubahan postur tubuh

Postur tubuh ibu hamil akan mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan ini dapat terjadi karena hormon pada tubuh ibu hamil. Selain itu, bentuk tubuh juga akan berubah karena beradaptasi dengan keadaan kehamilan. Perubahan tubuh dan hormon dalam dirinya membuat seorang ibu hamil mengalami gangguan, seperti masalah pencernaan yang menyebabkan sembelit dan diare.


Gejala diare pada ibu hamil

Beberapa gejala diare pada ibu hamil. Jika anda merasakan beberapa kejadian di bawah ini mungkin akan mengalami diare
  • Tinja yang keluar pada saat buang air besar menjadi lebih encer. keadaan ini terjadi lebih dari dua kali sehari. Meskipun mengkonsumsi makanan berserat namun tinja yang keluar lebih cair.
  • Selalu ingin buang air besar baik dalam kondisi saat berada di kamar mandi dan pada saat ingin buang air besar tetapi tidak ada tinja yang keluar dan hanya sakit perut.
  • Selalu merasakan nyeri perut dengan intensitas ringan hingga sedang.
  • Perut menjadi sangat bengkak dan keras. Kondisi ini akan lebih buruk jika anda mengenakan celana ketat.

Penanganan diare pada ibu hamil

Jika anda merasakan diare selama kehamilan, ada hal-hal tertentu yang harus dilakukan untuk menangani diare yang dialami.
  • Meminum air atau cairan elektrolit untuk mencegah terjadi nya lemas dan lesu.
  • Konsumsi makanan yang mudah dicerna oleh tubuh dan tidak terlalu pedas atau asam.
  • Kurangi aktivitas yang melelahkan dan lebih banyak istirahat, terlalu banyak melakukan aktivitas dalam massa kehamilan akan dengan mudah membuat anda lelah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menyebabkan diare pada ibu hamil.
loading...