Mata Lelah - Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati

Mata lelah merupakan masalah yang sangat umum karena sebagian besar pekerjaan membutuhkan penggunaan komputer yang intens, penggunaan smartphone yang memiliki kecerahan layar yang tajam.

Mata Lelah

Apa yang dimaksud mata lelah ?

Mata lelah adalah kondisi yang terjadi ketika mata mengalami kelelahan karena penggunaan yang intens, seperti mengendarai mobil untuk waktu yang lama, membaca atau bekerja terlalu banyak di depan komputer. Jika memiliki ketidaknyamanan mata yang disebabkan ketika melihat sesuatu untuk waktu yang lama maka bisa menyebutnya dengan mata lelah. Meskipun mata yang lelah dapat mengganggu aktivitas tetapi dengan mengistirahatkan mata maka dapat membuat mata menjadi nyaman kembali.

Mata lelah adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang dengan gejala pengelihatan samar yang terkait dengan kondisi penggunaan mata. Meskipun mata lelah membuat merasa tidak nyaman, keadaan ini tidak menyebabkan kerusakan pada mata. Mata lelah adalah gejala bukan sebuah penyakit mata.

Penyebab Mata Lelah

Penyebab mata lelah yaitu Kemampuan kedua mata tidak seimbang, Fokus terhadap visual terlalu lama, Mata kurang berkedip, Penggunaan kacamata.

1. Kemampuan kedua mata tidak seimbang

Ketidakmampuan untuk membuat kedua mata bekerja bersama dapat menghasilkan gejala kelelahan. Namun, kebanyakan orang yang memiliki penglihatan binokular terbatas atau tidak memiliki gejala.

Pada orang yang mengalami sakit kepala atau penglihatan kabur karena mata tegang, gejala dapat diperburuk karena masalah mata, seperti ketidakseimbangan otot atau kebutuhan akan kacamata untuk hipermepia, miopia dan astigmatisme.

2. Fokus terhadap visual terlalu lama

Gejala kelelahan mata berupa penglihatan kabur, sakit kepala dan kadang penglihatan ganda disebabkan oleh penggunaan mata terkonsentrasi terhadap visual terlalu lama.

Berkonsentrasi terhadap visual terlalu lama seperti membaca buku, menggunakan komputer berjam-jam atau mencoba melihat dalam kegelapan secara tidak sadar mengencangkan otot kelopak mata dan wajah mengakibatkan ketidaknyamanan pada mata. hal ini dapat menyebabkan lebih banyak tekanan terhadap mata.

3. Mata kurang berkedip

Banyak orang kurang berkedip dari biasanya selama aktivitas visual, pengurangan berkedip ini dapat menyebabkan kekeringan pada permukaan mata dan gejala kekeringan mata dan dapat menghasilkan kelelahan pada mata.

4. Penggunaan kacamata

Mengenakan kacamata yang tidak sesuai dengan kondisi mata dapat mengakibatkan mata lelah, kurang tidur, obat-obatan tertentu, atau stres juga dapat memperburuk kondisi ini.

Gejala Mata Lelah

Gejala kelelahan mata bervariasi dan tergantung pada penyebab kelelahan mata dan masalah mata yang mendasarinya. Karakteristik mata lelah yang paling sering dialami adalah:
  • Rasa sakit di sekitar mata
  • Vertigo
  • Migrain
  • Mual
  • Otot wajah berkedut
  • Mata kering atau berair
  • Penglihatan kabur
  • Mata terbakar, sakit atau lelah
  • Sensitivitas terhadap cahaya
  • Kesulitan membuka Mata

Pengobatan dan pencegahan mata lelah

Memiliki kondisi mata lelah bisa sangat tidak nyaman dan untuk mengatasinya, Anda dapat menghilangkan penyebabnya. Berikut ini adalah cara menangani mata lelah yang dapat dilakukan:

1. Pijat mata

Pijat yang manis dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke mata dan mengendurkan otot mata. Cara menangani mata lelah dapat dilakukan dengan memijat kelopak mata dan otot di alis selama sekitar 20 detik, kemudian bergerak ke arah kelopak mata bawah ke tulang bawah selama 20 detik. Lakukan ini sekali atau dua kali sehari dapat memberikan kelegaan.

2. Latihan Mata

Cara mengatasi mata lelah dengan latihan ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke mata dan memperkuatnya untuk meningkatkan konsentrasi. Latihan pengembangan fokus seperti melihat benda jarak jauh dan kemudian kembali ke jarak dekat. Selain itu, putar mata ke arah jarum jam dan ke arah berlawanan jarum jam membantu meregangkan otot mata.

3. Kompres suhu hangat

Suhu hangat juga merupakan cara untuk menangani mata lelah yang efektif, membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Melakukan metode ini dengan merendam kain dalam air hangat dan kemudian peras dan letakkan kain basah di mata.

4. Dengan Mentimun

Mentimun memiliki sifat astringen alami, ini membantu menenangkan otot-otot mata yang lelah dan bahkan dapat mengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam. Potong mentimun dan letakkan pada mata Anda sekali atau dua kali sehari dapat menghilangkan mata yang lelah.

5. Air Dingin

Basuh mata dengan air dingin bisa meredakan mata lelah, meningkatkan sirkulasi darah dan rileks mata lelah, ini juga dapat mengurangi penampilan mata bengkak.

6. Mengatur pencahayaan

Mengubah cahaya yang berlebihan maka mata akan bekerja lebih sedikit untuk beradaptasi dengan peningkatan kecerahan. Terlalu banyak cahaya dapat merangsang mata secara berlebihan, yang membuat mata menjadi lelah.

7. Sesuaikan warna monitor

Ini juga disebut penyesuaian suhu warna, fungsi ini biasanya ditemukan di sebagian besar komputer dan smartphone dan menyiratkan perubahan jumlah cahaya biru yang ditunjukkan yang diketahui bahwa itu menyebabkan gangguan mata dan gangguan tidur.

8. Berjemur

Matahari adalah sumber energi yang hebat dan dapat digunakan untuk membantu ketegangan mata. Berdiri ke bawah sinar matahari yang penuh dengan kelopak mata tertutup, Anda dapat menghilangkan tegangan mata. Kiat-kiat ini lebih baik di pagi hari. Namun, penting untuk tidak melihat langsung di bawah sinar matahari.

9. Gunakan tetes mata

Konsentrasi yang intens, terutama ketika Anda melihat layar, dapat menyebabkan pengurangan spektakuler berapa kali petir per menit. Ketika mereka kurang berkedip, mata bisa kering dan repot. Selain kondisi ini, menggunakan tetes mata. Anda juga dapat mencoba lebih sering berkedip di bagian depan layar, yang dapat mencegah gejala.

10. Penggunaan kacamata yang sesuai

Temui dokter untuk menentukan apakah Anda membutuhkan kacamata khusus untuk mengurangi mata yang lelah. Anda bahkan mungkin memerlukan tujuan khusus, alat, atau terapi mata untuk kegiatan yang menyebabkan tegangan mata. Beberapa lensa dan warna dapat membantu mata Anda.
loading...