Cara Membedakan Wasir dan Kanker Usus

Membedakan wasir dan kanker usus, tanpa disadari banyak orang menderita wasir dan membuat tubuh  terasa tidak nyaman terutama saat duduk, tetapi saat menderita wasir kita juga akan merasa risih dan kesulitan untuk berkativitas, terasa perasaan tidak nyaman untuk melakukan beberapa kegiatan sehari-hari, banyak orang khawatir jika wasir dapat menjadi masalah kanker usus besar.

Cara Membedakan Wasir dan Kanker Usus

Hubungan Wasir dan Kanker Usus

Banyak orang mengaitkan antara wasir dengan kanker usus karena gejala dua masalah kesehatan yang cenderung serupa, yaitu buang air besar berdarah. Sedangkan menurut para ahli kesehatan, ada perbedaan mendasar antara wasir dan kanker usus.

Kanker usus dipicu oleh timbulnya sel abnormal yang terus berkembang, pemicu untuk masalah antara wasir dan kanker usus masih belum benar-benar diketahui, tetapi para ahli kesehatan menyebut memiliki riwayat kanker, terbiasa merokok dan masalah pencernaan yang cenderung berisiko terkena kanker usus.

Sedangkan wasir timbul karena pembuluh darah membengkak di anus, hal ini disebabkan oleh mengejan selama buang air besar, masalah sembelit, terlalu lama duduk dan kurangnya bergerak, mengkonsumsi serat terlalu sedikit. Wasir biasanya hanya akan muncul di anus dan rektum, sedangkan kanker usus menyebar ke bagian lain.

Sekitar 90% orang dengan kanker usus tidak menyadari bahwa mereka mengalami masalah kesehatan ini dan hanya berangapan hanya mengalami wasir. hal ini disebabkan oleh gejala yang sangat mirip yaitu pendarahan yang terjadi selama buang air besar.

Gejala wasir cenderung muncul dari waktu tertentu dan tidak selalu muncul, misalnya penderita dapat melalukan buang air besar sampe tuntas dan tidak selalu mengeluarkan darah. Sedangkan gejala kanker usus umumnya selalu mengeluarkan darah saat buang air besar dan bahkan disertai dengan rasa sakit serius yang berlanjut.

Perbedaan Gejala Wasir dan Kanker Usus

Pakar kesehatan mengatakan ada beberapa gejala wasir yang tidak menunjukkan masalah kanker usus. Gejala pertama adalah pendarahan yang tidak disertai dengan perasaan sakit. Hanya kadang-kadang rasa sakit ini terjadi karena ukuran wasir yang menjadi lebih besar dan terjadinya peradangan. Orang dengan wasir akan merasakan benjolan di anus dan terkadang mereka akan merasakan perasaan gatal di area rektum.

Beberapa gejala kanker usus yang yang terjadi yaitu frekuensi buang air besar jarang atau bahkan lebih sering, ada penyumbatan di usus dengan gejala nyeri perut, bahkan dalam beberapa kasus, pasien dapat merasakan ukuran perut yang membesar, sering mengalami gejala mual dan muntah tanpa pemicu yang jelas, mengalami penurunan berat badan, perasaan sakit di rektum, tetapi tidak semua pasien kanker usus mengalami hal ini.

Perbedaan lain yang dapat kita temukan antara wasir dan kanker usus adalah rata-rata pasien berusia di atas 50 tahun mengalami kanker usus. Sementara pada penderita wasir dapat muncul pada masa remaja, orang dewasa dan lanjut usia.
loading...