Buah Loofah - Manfaat Bagi Kesehatan dan Dampak Buruknya

Buah loofah adalah buah yang berasal dari negara tetangga, yaitu negara Vietnam. Buah loofah yang memiliki nama Latin Luffa aegyptipa termasuk dalam jenis labu. Buah loofah memiliki warna merah muda dan berbentuk oval dan ada tonjolan gelap seperti puting. Buah loofah memiliki tekstur lembut dan rasanya cenderung pahit.


Buah Loofah

Buah loofah umumnya digunakan sebagai bahan tambahan dalam beberapa hidangan seperti sup. Rasa pahit bisa menjadi alasan mengapa buah loofah lebih sering dikonsumsi dalam bentuk hidangan sup, meskipun demikian, ada juga yang mengkonsumsinya secara langsung sebagai makanan ringan.

Manfaat Buah Loofah bagi Kesehatan

Meskipun memiliki bentuk yang dapat membuat kita berfikir hal yang lain selain buah, ternyata buah loofah memiliki serangkaian manfaat yang tidak dapat diremehkan. Dipercayai bahwa kandungan beberapa zat gizi dalam buah loofah mampu mempertahankan tubuh tetap sehat, bahkan mengatasi beberapa masalah kesehatan yang menyerang tubuh.

Berikut ini adalah manfaat dari buah loofah yang penting untuk diketahui yaitu

1. Tingkatkan produksi susu

Terutama untuk ibu yang sedang menyusui bayi, produksi ASI harus selalu terjaga tanpa masalah untuk kebutuhan anak. Salah satu cara untuk meningkatkan produksi susu adalah dengan mengonsumsi buah loofah.

2. Mengatasi nyeri sendi

Mengatasi nyeri sendi juga merupakan salah satu manfaat dari buah loofa yang tidak kalah pentingnya, hal ini seharusnya tidak dilewatkan oleh Anda atau kerabat yang sekarang mungkin mengalami masalah kesehatan dalam nyeri sendi. Kemanjuran buah loofah untuk mengatasi nyeri sendi bahkan telah diuji oleh beberapa penelitian. Meskipun skalanya masih kecil dan terbatas.

3. Memperlancar Haid

Bahkan tentang manfaat buah loofah untuk wanita ini adalah untuk memperlancar siklus menstruasi. Bagi yang merasa bahwa siklus menstruasi tidak lancar, sebelum minum obat kimia, mereka mencoba menggunakan obat-obatan herbal terlebih dahulu seperti buah loofah untuk mengobati masalah kesehatan ini. Selain lebih aman, efek yang disebabkan tidak jauh berbeda dari obat kimia.

4. Mengatasi sembelit

Manfaat buah Loofah juga termasuk pengobatan gangguan pencernaan dalam bentuk sembelit atau kesulitan buang air besar. Sembelit yang ditandai oleh kesulitan buang air besar (BAB) adalah salah satu masalah pencernaan umum yang dialami. Penyebab sembelit mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, tetapi kurangnya asupan serat menjadi pemicu utama bagi orang yang mengalami sembelit.

Hal ini memerlukan asupan serat yang memadai untuk mengatasi masalah sembelit. Dari sekian banyak sumber serat buah loofah adalah salah satunya. Kandungan serat yang tinggi dalam buah ini menjadikannya makanan yang seharusnya memasuki menu sehat untuk mengatasi sembelit.

5. Baik untuk kesehatan tulang

Popularitas buah loofah di Indonesia mungkin tidak begitu hebat. Bahkan, buah ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat buah loofah tidak dapat dipisahkan dari fakta bahwa buah loofah mengandung vitamin K, fungsi dari vitamin K yang terkait dengan kesehatan tulang dan gigi. konsumsi secara teratur jika Anda ingin memiliki tulang dan gigi yang sehat.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang sehat adalah mimpi semua orang, baik pria maupun wanita. Cara alami untuk merawat kulit yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi buah loofah.

Salah satu manfaat terpenting dari buah loofah adalah menjaga kesehatan kulit. Anda dapat memperoleh kemanjuran buah loofah untuk kulit ini dengan mengkonsumsinya dalam bentuk hidangan masakan atau menjadikannya scrub alami. Cara kedua tidak hanya berfungsi untuk menjaga kulit yang sehat, tetapi juga membuat kulit cerah.

7. Mengatasi pembengkakan

Bagi Anda yang mengalami pembengkakan di daerah sinus atau hidung, cara untuk mengatasi pembengkakan adalah dengan mengonsumsi buah loofah. Anda dapat mengonsumsi buah loofah secara langsung atau digunakan sebagai sup untuk mendapatkan manfaat buah loofah. Konsumsi secara teratur sampai pembengkakan menghilang.

8. Hilangkan kantong mata

Kondisi kesulitan tidur atau insomnia dalam perkembangannya berdampak pada penampilan kantong mata atau disebut 'mata panda' di bagian bawah mata mereka. Ini, tentu saja, akan mengganggu penampilan.

Salah satu cara untuk menyingkirkan kantong mata hitam karena kurang tidur adalah dengan mengonsumsi buah loofah. yang anda lakukan adalah mengoleskan masker buah loofah yang telah dihaluskan pada kantong mata. Lakukan metode ini secara teratur sampai kantong mata benar-benar hilang. Selain itu, tingkatkan waktu tidur Anda dengan membuat beberapa cara untuk menyingkirkan insomnia, baik makanan yang dikonsumsi maupun gaya hidup.

9. Mengobati Batuk

Selain menangani nyeri sendi, manfaat dari buah loofah juga dianggap efektif untuk mengobati batuk, baik batuk kering atau batuk berdahak. Minum air rebusan buah loofah secara rutin 2-3 kali sehari sampai batuk benar-benar sembuh. Untuk mempercepat proses penyembuhan, menyertai konsumsi obat batuk kimia dan menghindari konsumsi makanan atau minuman yang mengandung minyak, es atau gula, karena dapat membuat kondisi batuk yang diderita akan memburuk.

Dampak buruk dari buah loofah

Buah Lofah memiliki manfaat kesehatan. Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsi berlebihan buah ini. Alasannya adalah bahwa buah loofah tidak dapat dipisahkan dari efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi.

Beberapa contoh efek samping konsumsi buah loofah adalah:
  • Sakit kepala
  • Iritasi kulit
  • Hilangnya konsentrasi
  • Berdarah
Oleh karena itu, konsumsi buah loofah ini berada dalam batas yang masuk akal dan konsumsi yang benar.
loading...