Label 3

Obat batuk untuk ibu hamil yang aman

loading...

Pada masa hamil untuk mengonsumsi obat batuk harus dilakukan secara hati-hati, sebab obat batuk yang dikonsumsi belum tentu aman untuk buah hati nya. Lantas apa saja obat batuk untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi.

Obat batuk untuk ibu hamil yang aman

Saat masa hamil, pengobatan yang paling aman dan tidak menimbulkan resiko pada janin atau buah hatinya yaitu secara alami, beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu:

  • Istirahat yang cukup
  • Penuhi kebutuhan gizi dan cairan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan konsumsi air mineral
  • Berkumur dengan air garam dengan air hangat
  • Mandi menggunakan air hangat
  • Menghirup udara air hangat untuk mengencerkan dahak
  • Meminum teh hangat yang ditambahkan madu dan lemon agar tenggorokan reda
Jika secara alami belum dapat meredakan batuk pada ibu hamil, maka konsumsi obat-obatan dapat menjadi pilihan, namun perlu diingat bahwa tidak semua obat batuk untuk ibu hamil aman dikonsumsi, meskipun obat batuk yang akan dikonsumsi dapat dibeli secara bebas dan terbiasa mengonsumsi nya saat tidak sedang hamil.

Pada trisemester pertama ibu hamil tidak disarankan mengonsumsi obat-obatan termasuk obat batuk kecuali diresepkan oleh dokter, sedangkan untuk yang diperbolehkan untuk konsumsi obat untuk ibu hamil yaitu saat memasuki trimester kedua namun harus tetap secara hati-hati memilih obat batuk yang akan dikonsumsi.

Beberapa jenis obat batuk untuk ibu hamil yang aman antara lain:

Dextrometorphan

Obat batuk yang memiliki kandungan dextrometorphan karena berfungsi sebagai pereda batuk dengan menekan  sinyal di otak yang memicu reflek batuk.

Guaifenisin

Merupakan obat batuk yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak, sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan.

Dan jika ibu hamil batuk yang disebabkan oleh alergi, maka obat yang aman untuk dikonsumsi yaitu cetirizin, loratadin, diphenhydramine.

Untuk ibu hamil yang ingin menginsumsi dalam bentuk sirup maka pilihlah sirup obat batuk yang bebas dari alkohol.


loading...

Subscribe to receive free email updates: