Pregabalin - Kegunaan, Dosis, Efek Samping

loading...

Pregabalin adalah obat yang digunakan untuk terapi neuropati sentral dan perifer, pregabalin merupakan kelompok obat antiepilepsi. Pregabalin berikatan dengan subunit alfa gerbang kanal kalsium dalam susunan saraf pusat, menggantikan gabapentin secara poten.

Pregabalin


Pregabalin dieliminasi dari sirkulasi sistemik terutama mealui ekskresi ginjal dalam bentuk utuh. karena Pregabalin tidak berikatan dengan protein plasma, tingkat bersihan pregabalin melibatkan mekanisme reabsorpsi oleh tubulus ginjal, eliminasi pregabalin berbanding lurus dengan bersihan kreatinin.

Indikasi:

Pregabalin diindikasikan untuk terapi nyeri neuropati sentral dan perifer, terapi tambahan pada kejang parsial dengan atau tanpa kejang umum sekunder, terapi gangguan kecemasanumum, dan untuk meringankan nyeri pada penangann fibromialgia.

Dosis dan cara pemberian:

Kisaran dosis pregabalin adalah 150 - 600 mg perhari, yang diberikan dalam dua atau tiga dosis terbagi, pregabalin diberikan dengan atau tanpa makanan.

Nyeri neuropati : Dosis awal pregabalin yang direkomendasikan adalah 75 mg dua kali sehari, dengan atau tanpa makanan

Epilepsi : dosis awal efektif yang direkomendasikan untuk pregabalin adalah 75 mg dua kali sehari dengan atau tanpa makanan

Gangguan kecemasan umum : kisaran dosis adalah 150 - 600 mg perhari, yang diberikan dalam dua atau tiga dosis terbagi,. kebutuhan terapi sebaiknya ditinjau ulang secara berkala. terapi pregabalin dapat dimulai dengan dosis 150 mg  per hari, berdsarkan respon dan tolerabilitas pasien, dosis dapat ditingkatkan menjadi 300 mg per hari setelah 1 minggu.

Kontraindikasi:

Hipersensitivitas terhadap pregabalin atau zat yang ada dalam komponennya.

Peringatan dan Perhatian:

Pasien dengan masalah keturunan yang langka, yaitu intoleransi galaktosa, defisiensi lapp lactase atau mal absorbsi glukosa-gluksa sebaiknya tidak mengkonsumsi pregabalin.Terapi pregabalin dikaitkan dengan pusing dan somnolen yang dapat meningkatkan kejadian jatuh pada lanjut usia. penghentian pregabalin dapat menyebabkan resolusi atau perbaikan gejala-gejala pengelihatan kabur

Penyimpnan:

Pregabalin disimpan dibawah suhu 30 C, hindari paparan suhu dan kelembapan tinggi.

loading...

Subscribe to receive free email updates: