Betamethasone - Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Bethametasone digunakan untuk mengurangi inflamasi kulit yang disebabkan oleh kondisi-kondisi seperti eksim, dermatitis, dan alergi. Bethametasone akan meredakan gejala-gejala pembengkakan, gatal-gatal, dan kulit kemerahan. Obat ini hanya digunakan khusus untuk kulit. Sebaiknya tidak digunakan pada kulit di bagian wajah, selangkangan, dan ketiak, terkecuali dokter Anda menyarankan demikian.

Betamethasone

Betamethasone diberikan sebagai pengobatan jangka pendek, jika digunakan dalam jangka waktu panjang, risiko munculnya efek samping akan meningkat. Pastikan untuk mengambil jeda waktu pada pemakaian jangka panjang

Indikasi:
Bethametasone krim digunakan untuk pengobatan kelainan radang kulit yang berat seperti eksim tidak menunjukkan respon pada kortikosteroid yang kurang kuat, psoriasis.

Kontraindikasi:
Hipersensitif terhadap betamethasone, kortikosteroid lainnya, atau komponen formulasi infeksi jamur sistemik, pemberian secara kontraindikasi pada purpura trombositopenia idiopatik.

Dosis dan cara pemakaian:
Betamethasone dioleskan secara tipis dan merata pada bagian kulit yang meradang atau sakit, dilakukan 2 atau 3 kali sehari

Efek samping:
Sensasi rasa panas atau terbakar, Rasa gatal-gatal, Kulit kering, Perubahan warna kulit, Kulit terlihat memar atau memerah. Menyebar dan memburuknya infeksi yang tidak diobati, Penipisan kulit yang dapat dipulihkan selama periode setelah menghentikan pengobatan tetapi struktur asli mungkin tidak pernah kembali.

Ireversibel striae atrophicae dan telangiectasia, kontak dermatitis, perioral dermatitis, jerawat, atau memburuknya jerawat atau rosacea, depigmentasi ringan yang mungkin sembuh.

Peringatan dan atau perhatian:
  1. Hindari penggunaan betamethasone jangka panjang.
  2. Pada anak hindari penggunaan yang berkepanjangan dan penggunaan kortikosteroid yang poten dibawah pengawasan spesialis
  3. Hati-hati penggunaan pada penyakit kulit dari bayi termasuk ruam popok, pengobatan harus dibatasi 5-7 hari.
  4. Pemberian lebih dari 100 gram per minggu dari sediaan 0,1% menimbulkan penekanan adrenal.

Bentuk dan kekuatan sediaan:
Betamethasone Krim 0,05 mg/g; 0,05%; 0,1%; 1%

Penyimpanan:
Simpan dalam wadah kedap udara pada suhu 25 C. Lindungi dari cahaya.

loading...

Subscribe to receive free email updates: