Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan, Bawang bombay adalah satu diantara jenis tanaman yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Nama ilmiah dari bawang bombay adalah allium cepa. Jika anda melihat bawang merah, bawang bombay mempunyai bentuk yang nyaris sama, walau demikian bentuk bawang bombay jauh lebih besar dan mempunyai bau yang begitu khas untuk memberi aroma pada masakan.

Manfaat Bawang Bombay bagi Kesehatan


Bawang Bombay

Kandungan di bawang bombay seperti fosfor, kalium, kalsium, lemak nabati, serat, karbohidrat, protein, zat besi, vitamin, niacin, natrium. Karena kandungan gizinya yang begitu banyak bawang bombay dijadikan untuk pengobatan.

Manfaat bawang bombay bagi kesehatan diantaranya

Manfaat bawang bombay bagi kesehatan diantaranya antiinflamasi, melawan sel kanker, menjaga kesehatan gigi dan mulut, baik untuk kesehatan jantung, anti alergi, menjauhkan diabetes, mendetoksifikasi badan, menghindari osteoporosis, obat jerawat, sebagai program diet, menyuburkan rambut

1. Antiinflamasi

Bawang bombay dapat digunakan sebagai anti-inflamasi yang efisien melawan beberpa jenis bakteri seperti E-Coli dan salmonella. bawang bombay dapat juga dipakai untuk menyembuhkan infeksi pada saluran kemih.

2. Melawan sel kanker

Bawang bombay juga mempunyai kandungan anti-oksidan dan quercitin. Kandungan ini bermanfaat untuk melawan sel kanker.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Bawang bombay dapat digunakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara mengunyah bawang bombay mentah.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Bawang bombay bakal menolong dalam menyaring darah dan meghindari pembekuan darah. Bawang bombay dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di lemak dan darah, untuk anda yang menginginkan untuk kadar kolesterol baik, di sarankan konsumsi bawang bombay.

5. Anti alergi

Selain memiliki anti inflamasi, bawang bombay juga mempunyai manfaat sebagai anti-alergi. Dengan kandungan senyawa aktif quarcetin. Quercetin adalah zat antihistamin yang terdapat pada bawang bawang bombay yang berfungsi untuk menyembuhkan alergi.

6. Menjauhkan diabetes

Bawang bombay dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes, dengan cara membuat jus bawang bombay. satu gelas jus bawang bombay ini ampuh untuk turunkan kadar gula yang ada didalam darah.

7. Mendetoksifikasi badan

Bawang bombay ini begitu kaya dengan kandungan sulfur, di sulfur ada asam amino yang mempunyai nama cystine serta amethionine, ke-2 asam ini bersifat menyingkirkan toksin seperti merkuri yang ada di badan, selain sulfur bawang bombay juga mempunyai kandungan vitamin C, vitamin ini yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi badan.

8. Menghindari Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang kerap menyerang lanjut usia. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan tinggi kandungan kalsium mulai sejak awal. antara lain makanan yang kandungan kalsiumnya tinggi yaitu bawang bombay.

9. Obat jerawat

Untuk menyembuhkan jerawat, anda tinggal melembutkan bawang bombay lalu tempelkan dalam muka yang berjerawat, diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air bersih. Lakukan secara teratur, jerawat akan berangsur-angsur mengecil.

10. Bikin muka terlihat merona

Kandungan beragam jenis vitamin yang ada dalam bawang bombay ini dapat membuat muka jadi merona. Anda dapat membuatnya sebagai masker muka alami. Lakukan secara teratur supaya anda dapat melihat manfaat bawang bombay untuk muka anda.

11. Sebagai program Diet

Manfaat bawang bombay yang lain yaitu menolong program diet. Apabila anda menginginkan diet sehat, anda dapat memakai bawang bombay sebagai menu diet, tinggal membuatnya sebagai salad sayur, serta mengkonsumsinya setiap pagi.

12. Menyuburkan rambut

Bawang ini mengandung sulfur yang bisa merangsang perkembangan rambut. Langkahnya, bawang bombay dibersihkan atau dicuci kemudian diblender sampai halus. Saring serta ambillah airnya, pakai untuk keramas.

loading...