Manfaat Gingseng Jawa Bagi Kesehatan

Gingseng jawa atau disebut som jawa ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman obat, kadang ditemukan tumbuh liar. Akarnya berdaging tebal, biasa digunakan sebagai pengganti kolesom. Di Jawa tumbuh pada ketinggian 5-1.250 mdpl. Terna tahunan, tegak, tinggi 30-60 cm, batang bercabang di bagian bawah dan pangkalnya mengeras.

Daun tunggal, letak berhadapan, bertangkai pendek, bundar telur sungsang, tepi rata, ujung dan pangkal runcing, panjang 3-10 cm, lebar 1,5-5 cm. Perbungaan majemuk dalam malai di ujung tangkai, berbentuk anak payung menggarpu yang mekar di sore hari, warnanya merah ungu. Buahnya buah kotak, diameter 3 mm, bijinya kecil, hitatn, bulat gepeng.


Gingseng Jawa

Gingseng jawa mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa lain yang secara fisiologis dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah pada system saraf pusat atau sirkulasi darah tepi.

Dari hasil penelitian, Kolesom atau gingseng jawa dapat menambah kebugaran tubuh, meningkatkan jumlah dan kelincahan sel jantan, menaikan kadar hormon testoteron dan menambah kualitas lapisannya.

Manfaat lain dari gingseng jawa bagi kesehatan, yaitu:

1. Meningkatkan kadar Hormon

Gingseng jawa dapat merangsang sel-sel yang berfungsi meningkatkan hormon testosteron dan dihidrotestosteron sehingga dapat meningkatkan produksi sperma. Gingseng jawa juga membantu menyeimbangkan hormon perempuan khususnya setelah melahirkan, selama mentruasi dan pada saat menopouse.

2. Memperkuat Daya Ingat

Gingseng jawa juga dapat membantu memperbaiki daya ingat pada pasien stroke yang juga mengalami kepikunan. Disamping itu ginseng jawa juga mampu meningkatkan aktivitas senyawa diotak seperti acetycholine dan choline acetytranferase.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gingseng jawa dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun tubuh, zat aktif pada ginseng jawa dapat merangsang pembentukan antibodi sehingga dapat membantu dalam menjaga kondisi badan kita tetap terjaga dari penyakit.

4. Mencegah perkembangan kanker

Gingseng jawa memiliki efek anti tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng jawa juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

5. Mengatasi Insomnia

Gingseng jawa dapat membantu tubuh menstimulasi glandula endoktrin untuk metabolisme vitamin dan mineral dengan baik, sehingga dapat membantu menyerap zat gizi dengan baik dan membuat orang nyaman tidur. Karena salah satu penyebab susah tidur atau insomnia adalah penyerapan gizi yang tidak sempurna.

6. Memperlancar sistem Peredaran Darah

Gingseng Jawa memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah, sisten saraf dan membantu kerja jantung dengan optimal, hal ini sangat bermanfaat pada pendistribusian darah.

Menurut ilmu pengobatan China, sifat alamiah gingseng jawa adalah manis dan agak dingin, baik untuk organ-organ penting. Sifat alamiah dan kandungan kimiawi dari obat tradisional Tiongkok adalah Satu kesatuan. Sifat alamiah adalah hal yang pokok pengobatan tradisional Tiongkok berhubungan dengan sifat alami Yin (dingin, sejuk) dan Yang (hangat, panas).

Setiap rasa kemudian diklasifikasikan berdasarkan alam dan fungsionalnya. Contohnya, rasa manis dapat melenyapkan darah kotor, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan energi
loading...