Zinc - Kegunaan, Dosis, Efek Samping

loading...
Zinc termasuk salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh dan memiliki beragam manfaat. Zinc didistribusikan ke seluruh tubuh dengan konsentrasi tertinggi ditemukan pada otot, tulang, kulit, mata, dan cairan prostat dan diekskresikan dalam feses dan regulasi kerugian fekal adalah penting dalam seng homoeostasis. Sebagian kecil dikeluarkan lewat urin dan keringat.


Zinc

Indikasi:
Kekurangan zinc atau suplemen dalam kondisi seng-lemah

Dosis dan Cara Pemakaian:
Dosis Zinc Dewasa: 50 mg/hari

Dosis zinc pada anak:
Usia 0-6 bulan: 10mg/hari
Usia > 6 bulan: 10mg/hari

Efek Samping:
Nyeri perut, dispepsia, mual, muntah, diare, iritasi lambung, cepat marah, sakit kepala, lesu.

Peringatan dan Perhatian:
Terakumulasi di ginjal, penurunan gagal ginjal dapat terjadi secara akut.

Interaksi Dengan Obat Lain:
Antibiotik kuinolon: Garam Zinc dapat menurunkan penyerapan kuinolon. Derivat tetrasiklin: Garam Zinc dapat menurunkan penyerapan derivat tetrasiklin. Pengecualian: doxycycline. Trientine: Dapat menurunkan konsentrasi serum dari Garam Zinc . Garam Zinc dapat menurunkan konsentrasi serum Trientine.

Mengonsumsi Zinc dengan Benar:
Suplemen zinc hanya dianjurkan bagi mereka yang mengalami kekurangan mineral ini. Defisiensi zinc umumnya terjadi ketika seseorang mengalami diare yang parah, penyakit yang menyebabkan usus kesulitan menyerap zinc, sirosis pada organ hati dan kecanduan minuman keras, atau setelah menjalani operasi besar. Beberapa komplikasi akibat defisiensi ini meliputi pertumbuhan yang terhambat, gangguan sistem kekebalan tubuh, rentan terkena infeksi, serta diare.

Gunakanlah suplemen zinc sulphate sesuai keterangan pada kemasan. Jika Anda merasa ragu, tanyakan kepada dokter. Pasien dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur ke dokter guna memastikan perkembangan kondisi pasien serta keefektifan suplemen ini. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen zinc sulphate, disarankan segera meminumnya begitu teringat. Jangan menggandakan dosis zinc pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Bentuk dan Kekuatan Sediaan:
Zinc tablet: 20 mg dan Sirup 10 mg/5ml dalam 60 ml, 100 ml; 20 mg/5 ml dalam 60 ml.

Penyimpanan dan Stabilitas:
Cairan injeksi digunakan secara oral dalam kulkas.

loading...

Subscribe to receive free email updates: