Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan

Manfaat Kangkung Untuk Kesehatan-Kangkung berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 (enam) minggu penanaman, hasilnya sudah dapat dipanen. Berbagai jenis kangkung sudah di budidayakan secara luas.

Yang terdapat di Indonesia sendiri adalah jenis kangkung darat dan kangkung air. Kangkung air memiliki daun yang lebih lebar dan bewarna hijau kelam dan bunga yang bewarna keunguan. Sedangkan kangkung yang kering lebih kecil daunnya dengan bunga yang bewarna keputihan.


Kandungan Gizi Kangkung
Beberapa kandungan gizi pada kangkung memang terbilang banyak dan bervariasi, dan diantara kandungan tersebut semuanya mempunyai khasiat baik bagi tubuh. Diantara kandungan tersebut antara lain: Vitamin C, Lemak, Protein, Vitamin A, Zat besi, Kalsium, Vitamin B1, Fosfor, serat, Karbohidrat, Air, Gula, dan lain-lainnya terkandung dalam kangkung. Hal ini menjadi pertimbangan yang dapat anda lakukan untuk pemberian sayur kangkung sebagai menu asupan makanan sehari-hari.

Manfaat kangkung untuk kesehatan yang dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya diantaranya yaitu:
1. Pencegahan Anemia
Badannya yang terasa lesu dan lemah disertai kepala yang terasa pusing dapat menjadi pertanda anda kekurangan darah. Kangkung terdapat ada zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah dalam tubuh.

2. Sangat Baik Untuk Mata
Mungkin anda tidak menyangka bahwa sayuran kangkung terdapat kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein. Ketiga kandungan vitamin dan mineral ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu zat ini dapat membantu mencegah katarak.

3. Mengatasi insomnia
Kangkung mengandung unsur sedatif, artinya bisa membuat orang mengantuk dan membuatnya bisa tidur dengan pulas. Hal ini karena selenium dan zinc yang terkandung didalamnya bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidurpun akan semakin lelap. Akan tetapi bagi orang yang akan memulai beraktifitas, sebaiknya tidak berlebihan mengkonsumsinya.

4. Penyakit kuning
Penyakit yang berhubungan dengan kerusakan fungsi hati biasanya ditandai dengan warna kulit, mata dan lidah yang berwarna kuning. Maka tak heran jika orang awam menyebutnya sebagai penyakit kuning. Nah, ternyata kangkung mempunyai kemampuan untuk mengatasi dan mencegah penyakit kuning.

5. Mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan
Anda punya penyakit sembelit alias usah buang air besar? Rajinlah mengkonsumsi sayur kangkung. Karena pada sayur kangkung terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Fungsi serat sendiri adalah sebagai pembersih untuk saluran pencernaan anda.

6. Meningkatkan fungsi imun tubuh
Selain vitamin A, kangkung juga kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan fungsi imun tubuh sehingga tubuh tak mudah terjangkit penyakit. Selain itu, bagi Anda yang sering mengalami gusi berdarah dan sariawan juga bisa diobati dengan mengkonsumsi kangkung.


Tentunya masih terdapat cukup banyak Manfaat kangkung untuk kesehatan tubuh lainnya yang dapat dikonsumsi. Semoga informasi manfaat kangkung untuk kesehatan di atas dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat bagi Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: