Manfaat Wortel untuk kulit dan Rambut

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki warna oranye terang. Bagian yang paling sering dikonsumsi adalah umbinya, yang menyimpan banyak nutrisi penting untuk tubuh. Manfaat wortel yang paling dikenal adalah untuk memelihara mata agar tetap jernih dan mampu memperkuat daya penglihatan. Masyarakat mengetahui khasiat tersebut karena pada wortel terkandung vitamin A yang tinggi.
Selain untuk memelihara kesehatan mata, wortel masih banyak manfaat lainya seperti merawat kulit tubuh agar selalu bersih, menjaga kesehatan saluran cerna berkat kandungan serat yang mampu menaikkan feses hingga 25% sehingga masalah dalam saluran cerna seperti sembelit dapat teratasi. Wortel juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan untuk gigi dan kecerdasan.

Manfaat wortel untuk kesehatan:
Berikut ini merupakan beberapa dari sekian banyaknya manfaat wortel untuk kulit dan rambut sebagai perawatan kecantikan.

1. Menjadikan kulit tampak cerah
Kulit bersih sekaligus bersinar merupakan salah satu idaman setiap orang, khususnya wanita. Penampilan seakan sempurna bila diperkokoh dengan warna kulit yang cerah. Namun, untuk memiliki kulit seperti yang Anda idamkan, butuh perawatan ekstra dan rutin agar membuahkan hasil yang maksimal. Lakukanlah perawatan dengan meramu atau membuat masker wajah dari wortel yang ditambahkan  madu. Anda juga dapat memakan wortel begitu saja atau dijadikan jus. Konsumsi wortel akan membantu mencerahkan kulit dari dalam. karena wortel memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu Anda mendapatkan kulit bersinar.

2. Membantu dalam Penyembuhan akibat luka
Wortel dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Ini dikarenakan sifat anti-inflamasi pada wortel mampu merevitalisasi sekaligus meratakan warna kulit.

3. Mengobati berbagai penyakit kulit
Wortel dapat digunakan untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit yang menyerang kulit, seperti jerawat, ruam merah, dermatitis atau radang kulit, dan penyakit kulit lain yang terjadi karena defisiensi vitamin A. Tetapi Anda tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi wortel berlebihan karena justru membahayakan kesehatan kulit, seperti warna permukaan kulit berubah menjadi oranye kekuningan.

4. Mengatasi kulit kering
Kulit kering merupakan masalah klasik yang biasa dialami oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan kaum perempuan juga mengalaminya. Kekurangan kalium merupakan salah satu faktor pemicu kulit menjadi kering. Didalam wortel terkadung senyawa kalium yang baik untuk kulit. Dengan suplai kalium yang cukup, maka kulit tubuh akan lembab dan kenyal.

5. Memelihara elastisitas kulit
Vitamin C dalam wortel dapat mengoptimalkan produksi kolagen yang sangat diperlukan tubuh. Kolagen sendiri merupakan sejenis protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan terjaganya elastisitas kulit, maka masalah seperti keriput akan tercegah. Vitamin A yang merupakan antioksidan juga membantu menangkal radikal bebas yang mendatangkan gejala penuaan seperti kulit keriput, pigmen yang abnormal, dan warna kulit yang tidak merata.

6. Menyingkirkan noda pada wajah
Noda pada wajah bisa timbul karena disebabkan jerawat yang membekas atau sering pula disebut flek hitam. Problem kecantikan ini dapat diminimalisir dengan bantuan wortel yang secara efektif mampu membersihkan noda yang menempel pada kulit. Caranya bisa dengan menerapkan bubur wortel pada wajah, lakukan secara rutin minimal tiga kali dalam seminggu.

7. Mengurangi rambut rontok
Wortel mengandung vitamin A dan karotenoid yang menjadi agen penyubur rambut. Dengan terdorongnya pertumbuhan rambut yang sehat, Anda akan terbebas dari masalah kerontokan rambut. Sirkulasi darah di sekitar kulit kepala menjadi semakin lancar karena semua vitamin yang terkandung dalam wortel bekerja sama memberi dampak menyehatkan bagi rambut.

8. Merangsang pertumbuhan rambut
pertumbuhan rambut setiap orang dipengaruhi oleh hormon. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai hormon yang secara sempurna mendorong pertumbuhan rambut yang stabil, jadi sebagian ada yang mengalami ketipisan rambut dan bahkan kebotakan.

Wortel mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut jadi tebal sekaligus lebat. Sebabnya adalah kandungan vitamin A dan E pada sayuran menyehatkan ini dapat membantu meningkatkan produksi folikel rambut. Makanlah sayur atau jus wortel secara teratur agar rambut Anda menjadi sehat dan terbebas dari beragam masalah.

9. Mengembalikan kilau rambut
Kandungan senyawa Vitamin A dalam wortel berperan dalam mengilaukan rambut, Karena Vitamin A menjadi vitamin penting bagi rambut, Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan konsumsi wortel. Dengan begini, Anda tidak harus mengonsumsi suplemen vitamin A.

Subscribe to receive free email updates: