Manfaat Vtamin D bagi Kesehatan tubuh

Vitamin D termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A dan vitamin E. Vitamin yang dikenal dengan nama Kalsiferol. Vitamin D merupakan satu-satunya jenis vitamin yang diproduksi di dalam tubuh dan berperan dalam pembentukan tulang dan gigi bersama dengan kalsium.
Untuk melakukan aktifitas sehari-hari tubuh kita harus berada dalam keadaan yang vit dan sehat. karena itulah kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin karena vitamin memiliki banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Seperti Vitamin D atau yang sering kita sebut juga dengan nama kalsiferol vitamin ini  tergolong kedalam Grup Vitamin yang larut dalam lemak prohormon, Seperti Vitamin A dan Vitamin B.

Makanan yang memiliki sumber Vitamin D seperti,ikan tuna, udang minyak ikan, biji bunga matahari jeruk, stroberi, tomat, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Memiliki beberapa Manfaat untuk kesehatan tubuh kita antara lain:
1. Mencegah Penyakit Kanker Payudara
para wanita sangat takut jika mendengar kanker apalagi kanker payudara karna kanker ini hanya menyerang kaum hawa namun jika anda bisa memenuhi kebutuhan Vitamin D ini dalam tubuh kita anda dapat terhindar dari kanker yang ganas ini, telah diteliti bahwa dengan mengkonsumsi Vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh
Karena didalam Vitamin D ini terdapat molekul yang aktif yaitu kalsitriol yang merupakan pemeran utama dalam metabolisme absorpsi kalsium ke dalam tulang, fungsi otot, sekaligus sebagai immunomodulator yang berpengaruh terhadap sistem kekebalan untuk melawan beberapa penyakit sehingga jika kita mengkonsumsi makanan dan buah-buhan yang mengandung Vitamin D akan membuat kita selalu fit dan sehat.

3. Menyehatkan Dan Meremajakan Kulit
Bagaimana dengan manfaat untuk kulit? Diketahui bahwa tubuh bisa memproduksi vitamin D loh. Walaupun tetap harus ada asupan dari makanan alami tanpa perlu mengkonsumsi dari suplemen vitamin D lainnya. Asupan makanan vitamin D yang alami bisa anda konsumsi yaitu dari ikan-ikan, telur, atau margarin. Karena manfaatnya untuk kulit tentu akan membuat kulit lebih sehat. Terlebih untuk vitamin D2 dan D3 dapat mencegah gangguan kulit seperti psoriasis. Dapat juga memperbaiki kerusakan kulit, mencegah infeksi luka dalam kulit dan meremajakan kulit. Biasanya digunakan dalam produk perawatan kecantikan.

4. Mengobati Penyakit Osteomalacia
Osteomalacia adalah penyakit yang dapat ditemui pada jaringan tulang manusia, yang disebabkan karena proses pembentukan lapisan mineral tidak terjadi sebagaimana mestinya. Dalam hal ini, tulang baru terbentuk tanpa adanya lapisan mineral yang mendukung sehingga menyebabkan tulang tersebut menjadi lunak. Tulang yang lunak akan mudah retak dan patah. Satu-satunya cara untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin D dan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

5. Membantu Pembentukan dan Pemeliharaan Tulang:
Sebenarnya pembentukan dan pemeliharaan tulang ini tidak serta merta hanya karena vitamin D. Karena vitamin D tetap dapat berkolaborasi dengan vitamin lain seperti vitamin C untuk dapat membantu pembentukan tulang. Namun fungsi khusus dari vitamin D adalah untuk membantu pengerasan tulang dengan cara mengatur untuk kalsium dan fosfor pada tubuh agar ada di dalam darah yang kemudian diendapkan pada proses pengerasan tulang.

6. Kanker Kolon dan Kanker Prostat:
Ternyata manfaat vitamin D ini sangat banyak. Mencegah kanker? Tentu bisa juga loh. Jika anda mau mengkonsumsinya, maka anda akan terhindar dari penyakit kanker seperti kanker kolon dan kanker prostat. Telah diteliti bahwa mengkonsumsi vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker. Semakin banyak dan tinggi vitamin D dalam darah yaitu sekitar 25-hidroksi vitamin D maka semakin rendah terjadinya kanker kolon.

7. Mencegah osteoporosis:
Tulang keropos ini sering terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut, untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan memenuhi asupan vitamin D pada tubuh secara cukup.

Selain Manfaat tetapi juga ada dampak buruk karena kurang vitamin D untuk Kesehatan tubuh:
1. Menurunkan fungsi jantung
Akbibat kurang vitamin D yang pertama adalah dapat menurunkan fungsi dan juga kinerja jantung. Saat tubuh kekurangan vitamin D ini akan membuat darah dalam tubuh menjadi tidak normal dan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Sehingga hal tersebut dapat memberatkan dan menurunkan fungsi jantung. Jika hal ini tidak segera diatasi, ini akan menyebabkan kematian akibat serangan jantung mendadak.

2. Mudah lelah dan nyeri otot
Seperti yang Anda ketahui otot merupakan salah satu komponen dalam tubuh yang berperan untuk membantu tubuh melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi saat tubuh kekurangan vitamin D ini akan membuat seseorang tersebut menjadi mudah lelah dan nyeri otot saat melakukan sesuatu. Hal ini disebabkan karena adanya penurunan kemampuan otot karena kekurangan vitamin D.

3. Pengeroposan tulang
Salah satu manfaat vitamin D adalah untuk membantu menguatkan tulang dan gigi. Akan tetapi jika seseorang kekurangan vitamin D ini akan membuat tulang seseorang menjadi semakin lemah dan beresiko mengalami pengeroposan dan juga kerusakan dini pada tulang.

4. Mudah mengantuk
Akibat kurang vitamin D selanjutnya adalah mudah mengantuk. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine yang dipublikasikan pada tahun 2000 menyatakan bahwa seseorang yang kurang vitamin D lebih mudah mengantuk ketika melakukan aktivitas seharian dibandingkan oleh seseorang yang tercukupi asupan vitamin D nya.

Subscribe to receive free email updates: