Manfaat Vitamin A Untuk Kesehatan

Vitamin A adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan air, mempunyai fungsi utama dalam hal menjaga daya penglihatan manusia. Vitamin A memang dikenal mempunyai banyak peranan penting bagi tubuh.

Sumber Vitamin A (Retinol) banyak kita jumpai dari makanan yang biasa kita konsumsi, namun kita tidak menyadari nya bahwa makanan yang kita konsumsi mengandung Vitamin A, Disini "Phamacy Care" akan mengulas beberapa keberadaan dari sumber Vitamin A yang biasa kita konsumsi.
1. Sumber dari sayur-sayuran:
  • Seperti bayam, bayam merah, daun genjer, daun kacang panjang, kacang panjang, kol cina, kankung, labu kuning, rumput laut, sawi, terong, semanggi, wortel, paprika.
2. Sumber dari buah-buahan:
  • Seperti apel, mangga, pisang, pepaya, sukun. strawbery.
3. Sumber dari hewan:
  • Seperti daging ayam, daging bebek, hati ayam, hati sapi, mentega, ikan tuna, minyak kelapa sawit, minyak ikan.
4. Kacang-kacangan:
  • Kacang ercis dan kacang merah dan sebagainya.
Manfaat Vitamin A Selain terlibat dalam membentuk penglihatan manusia secara optimal, Namun hal itu mungkin hanya diantara kesekian banyaknya manfaat dari Vitamin A (retinol) di dalam tubuh. Berikut ini manfaat vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh:

1. Merawat Kesehatan Mata:
Peran penting dari retinol adalah untuk menjaga fungsi penglihatan manusia. Vitamin A yang berada di dalam tubuh akan dikonversi menjadi retinaldehid untuk keperluan mata agar terjaga kesehatannya. Konsumsi makanan dengan vitamin A rutin (atau dibantu suplemen) bisa menyembuhkan penyakit rabun senja.

2. Mencegah Penyakit Mata yang Berkaitan Dengan Usia:
Gangguan penglihatan seperti katarak, glukoma, dan penyakit okular lain yang berkaitan dengan usia menua bisa dicegah oleh vitamin A.

3. Meningkatkan Kelembaban Mata:
Mata yang kering kerap terjadi ketika pembentukan air mata sebagai pelumas terhenti. Mata kering disebabkan oleh kekurangan lendir mata yang bisa diatasi dengan meneteskan vitamin A. Secara empiris telah dibuktikan bahwa vitamin A dapat meningkatkan kelembaban pada mata sehingga membuat mata tidak mudah kering.

4. Meregenerasi Kulit:
Karena dapat meregenerasi sel baru yang sehat pada kulit, maka vitamin A juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan luka akibat terbakar. Hal ini bisa Anda aplikasikan dengan mengoleskan salep dengan kandungan sarat retinol pada area sekitar luka.

5. Sebagai Antioksidan:
Salah satu bentuk vitamin A berupa beta-karoten, merupakan senyawa dengan aktivitas antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berasal dari oksidasi di dalam tubuh ataupun polutan lingkungan yang berhasil masuk ke dalam tubuh. Aktivitas antioksidan di dalam tubuh dapat mencegah kerusakan pada materi genetik akibat senyawa radikal bebas sehingga menekan laju mutasi. Tertahannya laju mutasi ini akan berujung pada penurunan risiko pembentukan sel kanker.

6. Menutrisi Janin:
Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lebih untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Peran dan manfaat dari vitamin A bagi ibu hamil ternyata sangat penting, karena dapat membantu perkembangan sel mata, organ mata, pertumbuhan tulang, kesehatan kulit bayi, dan membantu perkembangan jantung.

7. Mencegah Stroke:
Penderita stroke sering dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin A untuk perbaikan fungsi sel tubuh.

8. Anti Inflamasi:
Manfaat vitamin A sebagai anti-inflamasi dapat memerangi infeksi dengan meningkatkan produksi sel darah putih atau limfosit di dalam tubuh.

9. Mencegah Kanker:
Ternyata vitamin A juga dapat mencegah sel kanker tumbuh. Asupan vitamin A bisa membantu mengobati beberapa bentuk kanker berkat kemampuan vitamin untuk mengontrol sel-sel ganas dalam tubuh. Saat ini dipahami bahwa asam retinoat memainkan peran penting dalam perkembangan sel dan diferensiasi serta pengobatan kanker.

10. Mencegah Terbentuknya Batu Ginjal:
Batu-batu kecil yang terdapat pada saluran kemih bisa memicu rasa sakit, mual, dan muntah. Penderita akan tersiksa ketika melakukan proses berkemih, dan lama kelamaan batu yang terperangkap bisa menimbun bakteri penyebab infeksi. Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal, vitamin A dapat dimanfaatkan dengan menghasilkan kalsium fosfat.

Kekurangan vitamin A:
Beberapa efek dari kekurangan Vitamin A diantaranya Bisa menyebabkan kulit kering, mata kering disertai gatal, dan ruam pada kulit. Selain itu, defisiensi vitamin A juga membuat seseorang kehilangan nafsu makan dan berat badan, mengalami kemandulan, proses tumbuh yang buruk, dan rentan terhadap infeksi.

Subscribe to receive free email updates: