Manfaat Vitamin B1 bagi Kesehatan

Vitamin B1(Thiamine) ini juga dikenal sebagai penambah energi yang baik karena vitamin ini memasuki setiap reaksi kimia didalam tubuh sehingga vitamin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu menkonversi karbohidrat menjadi glukosa dan yang menghasilkan bahan produk energi, dalam reaksi kimia yang terjadi didalam tubuh manusia. sehingga kita dapat melakukan aktifitas sehari-hari.


Sumber Vitamin B1(Thiamine):
1. Sayuran yang banyak mengandung Vitamin B1:
  • Sayur Asparagus,Sayur Bayam, Sayur terong, Sayur paprika dan Sayur brokoli.
2. Buah-buhan banyak mengandung Vitamin B1:
  • Buah Nanas, Buah Jeruk,Buah Anggur dan Buah Semangka.
3. Sumber Lainya Terdapat pada:
  • Daging, Ikan, Telur,sereal dan Gandum.

Manfaat Vitamin B1 Untuk Kesehatan Tubuh:
1. Mencegah Penyakit Jantung
mengapa Vitamin B1 ini bisa dibilang dapat mencegah penyakit jantung?? karena vitamin B1 ini juga membantu memproduksi neurotransmitter acetylcholine yang sering digunakan sebagai media penyampaikan pesan antara system syaraf dan otot untuk memastikan kerja jantung yang baik dan sempurna, sehingga jika kita kekurang vitamin B1 ini dapat menyebabkan ganguan pada jantung. Dalam sebuah riset menunjukkan bahwa orang yang memiliki system kerja jantung yang terganggu bisa kembali normal lagi setelah diberikan tambahan nutrisi Vitamin B1 selama 7 hari.
 
2. Mencegah Penyakit Beri-beri
Anda pasti pernah mendengar penyakit ini waktu di sekolah dasar kan yang memiliki ciri-ciri seperti,sering menderita ganguan pencernaan makanan, merasa lemah,kekurangan darah dan hilangnya nafsu makan. kenapa penyakit ini bisa terjadi pada saat kita kekurangan darah? itu karena Penyakit ini menyerang saraf sehingga menyebabkan terganggunya kemampuan motorik seseorang akibat polyneuritis.dan Vitamin B1 ini memiliki fungsi untuk membantu dalam penyusunan urat syaraf dan mengfungsikan otot-otot denganbaik.
 
3. Mengoptimalkan Kerja Otak
Bila kita mengkonsumsi Vitamin B1 dengan cukup dan teratur  ia akan membantu mengoptimalkan kerja otak. Diketahui konsumsi vitamin B1 yang bisa membuat otak lebih optimal adalah 1,1 mg untuk pria, 1,2 mg untuk wanita hamil, dan 1,4 mg untuk wanita menyusui. Namun ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa vitamin B1 bisa dikonsumsi hingga 50 sampai 1000 mg dan tidak mengalami gejala efek samping apapun.

4. Mengurangi Efek Penuaan
Vitamin B1 merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan melawan efek penuaan karena kerusakan sel.

5. Melindungi Syaraf
Syaraf dilindungi lapisan pelindung berupa lapisan myelin. Kekurangan vitamin B1 dapat melemahkan lapisan myelin syaraf. Kecukupan asupan vitamin B1 menjamin pengembangan lapisan myelin syaraf dan membantu fungsi syaraf.

6. Membantu Pencernaan
Vitamin B1 membantu tubuh mengeluarkan asam hidroklorat yang penting untuk membantu pencernaan makanan.

7. Membantu Produksi Sel Darah Merah
Vitamin B1 turut berperan dalam produksi sel darah merah yang sangat vital bagi tubuh.

8. Meningkatkan Selera Makan
Vitamin B1 diketahui dapat meningkatkan selera makan sehingga menjamin kecukupan nutrisi tubuh.
Gejala kekurangan vitamin B1
Beberapa gejala awal kekurangan vitamin B1 mungkin termasuk lesu, lekas marah, kehilangan memori, sulit tidur atau nafsu makan berkurang, penurunan berat badan, gangguan pencernaan atau sembelit, serta nyeri otot betis. Jika tidak diobati gejala awal ini dapat mengakibatkan bentuk yang lebih parah dari akibat kekurangan thiamin (B1), yang dikenal dengan penyakit beri-beri, ditandai dengan gangguan saraf, jantung, dan kelainan otak.
loading...

Subscribe to receive free email updates: