Manfaat Vitamin B kompeks

Vitamin B kompleks terdiri dari beberapa vitamin yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6,B7, B9 dan juga B12. Sebagian besar vitamin B komplek dapat larut dalam air kecuali vitamin B12. Yang artinya, jika vitamin tersebut berlebihan maka sisanya akan dikeluarkan melalui urin ataupun keringat.

Daftar makanan sumber dari vitamin B Kompleks
  1. Sayuran: Daftar sayuran yang kaya akan vitamin B Kompleks antara lain asparagus, kale, sawi hijau, bayam, terong, rebung, jamur, lobak, jagung, mentimun, buncis, brokoli, wortel dan juga seledri.
  2. Buah-buahan: Tak hanya dapat dikonsumsi secara langsung saja, buah-buahan juga sangat nikmat ketika dibuat jus ataupun sebagai bahan makanan lainnya. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin B kompleks adalah alpukat, apel, melon, pisang dan juga bluberi.
  3. Daging dan olahan hewan: Daging merupakan sumber Vitamin B kompleks yang kaya kandungan, begitu juga olahan hewan lainnya yang mengandung vitamin B adalah dada ayam, ikan sarden, ikan salmon, susu sapi dan juga telur.
  4. Kacang-kacangan: Vitamin B juga dapat diperoleh dari jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang merupakan sumber vitamin B terbaik adalah kacang almond, kacang tanah dan juga kacang mete.
Beberapa manfaat vitamin B kompleks bagi Tubuh:
  1. Membuat rambut berkilau.
  2. Vitamin B6 sangat penting untuk membantu proses metabolisme asam amino.
  3. Vitamin B12 dan asam folat membantu dalam pembelahan sel.
  4. Sangat baik untuk fungsi penglihatan.
  5. Asam folat, pyridoxine dan kobalamin bekerjasama untuk menjaga kadar homocysteine rendah, karena tingginya kadar homocysteine dapat beresiko terkena penyakit jantung.
  6. Mencegah bayi lahir cacat seperti langit-langit sumbing atau cacat tabung syaraf, menjaga sel-sel darah merah tetap sehat dan mencegah jenis kanker tertentu.
  7. Mencegah infeksi mulut.
  8. Meningkatkan fungsi hati.
  9. Membantu memecah karbohidrat menjadi glukosa sehingga dapat menyediakan energi untuk tubuh.
  10. Mencegah perut kembung dan mengatasi keluhan saluran pencernaan.
  11. Membantu menyehatkan kulit.
  12. Membantu memecahkan lemak dan protein dan membantu sistem syaraf agar berfungsi dengan normal.

Sedangkan jika tubuh kekurangn vitamin B komplek dapat menyebabkan gangguan, antara lain: Gangguan pada penglihatan, Mual dan muntah, Memperparah penyakit maag, Gangguan pada hati.

Subscribe to receive free email updates: