Manfaat Ubi Jalar Ungu Bagi Kesehatan

Ubi jalar atau yang biasa disebut dengan ketela rambat merupakan salah satu makanan yang sering ditemui pada daerah pedesaan. Meskipun begitu ubi jalar memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan ubi jalar memiliki banyak vitamin dan nutrisi seperti, vitamin A, vitamin B1, B2 dan juga vitamin C. Selain itu, ubi jalar kaya akan senyawa serta mineral di antaranya adalah magnesium, lysin, zinc, potassium, copper, kalsium, zat besi, phosfor dan juga karbohidrat.

Manfaat Ubi Jalar ungu bagi kesehatan tubuh kita
Beberapa manfaat dari ubi jalar ungu yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh kita, yaitu:

1. Menstabilkan Kadar Gula Darah
Bagi penderita diabetes makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi. Namun bagi penderita diabetes yang ingin mengkonsumsi ubi jalar justru sangat dianjurkan. Ini karena ubi jalar dapat menstabilkan kadar gula darah lewat kerja insulin dan juga sekresi. Namun dalam mengkonsumsi ubu jalar ungu sebaiknya dalam tingkat yang sewajarnya dan jangan terlalu berlebih.

2. Menjaga Tekanan Darah Stabil
Tekanan darah yang stabil merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Kandungan kalium pada ubi jalar ungu berperan penting dalam mengontrol tekanan darah, detak jantung dan juga mengontrol otot dan saraf dalam tubuh. Selain ubi jalar ungu sumber kalium terbaik dapat Anda dapatkan dari pisang, jeruk dan lainnya.

3. Menurunkan kadar Kolesterol
Kandungan serat larut dalam ubi jalar ungu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Sehingga ini akan mengurangi resiko Anda terserang penyakit jantung dan juga stroke. Tak hanya itu saja, mengkonsumsi ubi jalar ungu secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat dan serat pada ubi jalar ungu dapat membuat perut kenyang lebih lama. Sehingga ini akan menghindarkan Anda dari aktivitas ngemil yang dapat membuat berat badan naik.

4. Menjaga dan mensehatkan mata
Ubi jalar ungu mengandung vitamin A yang tinggi serta ditunjang adanya beta karoten, sehingga ubi jalar sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai macam penyakit mata. Selain ubi jalar ungu, beta karoten juga dapat Anda dapatkan pada buah-buahan yang berwarna ungu, hijau, orange dan kuning serta sayuran hijau lainnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates: