Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Minyak zaitun atau Olive Oil merupakan minyak yang terdapat pada buah zaitun atau Olea Europaea. Minyak zaitun merupakan minyak yang sehat bagi kesehatan tubuh, hal ini karena mengandung lemak tak jenuh yang cukup tinggi. didalam minyak zaitun juga terkandung Senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain terkandung Oleuropein Aglycone, oleokantal, Prostaglandin, polifenol, vitamin A, B1, B2, C, D, E, K, kalsium, zat besi, sodium.

Beberapa Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan:

1. Manfaat minyak zaitun untuk menangkal radikal bebas
Minyak zaitun memiliki kandungan aktioksidan-polifenol. Senyawa ini dapat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam melawan (detoksifitkasi) molekul asing sehingga mampu menangkal terhadap radikal bebas.

2. Mencegah terjadinya kanker
Minyak zaitun mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker serta dapat membantu untuk mengurangi resiko terserang penyakit kanker. Senyawa yang bernama hidroksitirosol yang terdapat pada antioksidan sangat baik untuk membantu dalam menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal penyebab kanker.

3. Menjaga kesehatan jantung
Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh. Hal ini yang dapat membuat minyak zaitun dapat bermanfaat untuk mengontrol kolesterol jahat pada tubuh serta dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Sehingga manfaat minyak zaitun dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kerja jantung lebih baik.
Baca Juga: Gejala, Peyebab Penyakit jantung
4. Mencegah Penyakit Diabetes
Penyakit diabetes terjadi karena kandungan gula dalam darah sangat tinggi. Untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan minum minyak zaitun secara teratur sehingga masalah diabetes dapat diatasi dan dapat dicegah.
Baca Juga: Gejala, Peyebab Penyakit Diabetes Melitus
5. Menjaga Kesehatan Usus
Manfaat lain dari minyak zaitun adalah menyehatkan usus, Senyawa yang bernama Oleuropein Aglycone dalam minyak zaitun dapat berperan dalam menjaga masukan aliran darah ke jaringan usus. Senyawa tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan yang terjadi pada jaringan usus yang disebabkan oleh gejala iskemia atau kurangnya aliran darah dalam sel. Gangguan yang paling ditakuti adalah terjadinya kanker usus. Untuk itu agar usus tetap sehat dan terjaga kesehatannya konsumsilah minyak zaitun secara teratur.

6. Mengobati Rasa Nyeri
Minyak zaitun mengandung Senyawa oleokantal yang dapat mencegah peradangan. Sehingga minyak zaitun bisa digunakan dengan cara dioleskan. Seperti untuk luka sobek, lecet, bengkak sehingga mengurangi rasa nyeri. Caranya cukup mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang sakit atau luka secara merata. Ulangi cara tersebut sehari 2 kali atau jika minyak zaitun yang telah dioleskan sudah hilang.

7. Mengcegah Artritis
Minyak zaitun memiliki kandungan senyawa yang bernama Prostaglandin. Senyawa Prostaglandin ini bermanfaat untuk mengatasi nyeri sendi dan pengeroposan tulang. Caranya adalah dengan meminum minyak zaitun secara teratur sehingga tulang yang rawan keropos akan terlapisi atau dengan mengoleskan pada sendi-sendi yang terasa sakit.
Baca Juga: Gejala, Peyebab Penyakit Artritis
8. Mencegah Osteoporosis
Banyak sekali penyakit yang sering terjadi pada tulang dan salah satunya adalah pengeroposan tulang atau sering disebut dengan osteoporosis. Osteoporosis ini terjadi karena asupan kalsium dalam tulang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan tulang. Agar penyerapan kalsium oleh tulang bisa maksimal, minumlah minyak zaitun secara teratur.
Baca Juga: Manfaat Vitamin D bagi Kesehatan tubuh
9. Meningkatkan fungsi otak
Minyak zaitun juga memiliki manfaat menguntungkan pada fungsi otak serta mampu mengurangi resiko penurunan kognitif. komponen fenolik yang disebut oleocanthal dalam minyak zaitun membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi dalam minyak zaitun bahkan dapat memperlambat penurunan kognitif yang terkait dengan penyakit seperti Alzheimer.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Fungsi Otak
10. Membantu menurunkan berat badan
Minyak zaitun juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan kamu, dengan mengkonsumsi minyak zaitun dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga mengurangi rasa lapar dalam waktu yang lebih lama.

11. Menyembuhkan atau mengurangi jerawat
Meskipun kedengarannya berlawanan menggunakan minyak untuk melawan jerawat dan komedo, namun menggunakan minyak zaitun dan scrub garam membantu penyembuhan beberapa jenis jerawat.

12. Menjaga kesehatan kulit
Minyak zaitun ini mengandung anti oksidan yang digunakan untuk mencegah kerusakan sel. Hal inilah yang dapat membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

13. Melembabkan bibir
Manfaat minyak zaitun juga dapat digunakan untuk melembabkan bibir. Campurkan minyak zaitun dengan beeswax. Besswax merupakan sebuah lilin alami yang diproduksi dari sarang lebah. Kombinasikan dua bahan tersebut yang dapat membuat bibir selalu lembab dan tidak kering.

14. Manfaat minyak zaitun untuk mengatasi rambut rusak
Pertama siapkan kelopak bunga mawar atau ektrak melati dalam minyak zaitun. Kemudian simpan pada botol tertutup sedikitnya 24 jam. Usapkan rambut dengan menggunakan air hangat, lalu oleskan ke kulit kepala dan pijat beberapa menit.

Subscribe to receive free email updates: