Manfaat Kurma bagi Kesehatan

Manfaat Kurma bagi Kesehatan-Buah kurma mengandung banyak senyawa karbohidrat dan gula serta unsur lain yang penting seperti lemak, protein, vitamin dan mineral. Kandungan karbohidratnya berkisar dari sekitar 60% pada kurma segar hingga sekitar 70% pada kurma kering. Kebanyakan varietas kurma mengandung senyawa gula glukosa (jenis gula yang ada dalam darah) dan fruktosa (jenis gula yang terdapat dalam sebagian besar buah-buahan). Serta mengandung 7 (tujuh) asam amino esensial yaitu lisin, valin, leosin, arginin, teorinin, isalosin dan tritopan, asam glutation sebagai antioksidan, kalsium mangan, vitamin K dan vitamin B kompleks. Dengan kandungan ini kurma merupakan buah sempurna karena hampir memenuhi semua kebutuhan gizi.
Manfaat Kurma Bagi Kesehatan:
kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebaikan dalam tubuh kita, Pharmacy care akan menguraikan beberapa manfaat bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

1. Sumber antioksidan
Kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Dimana fungsi antioksidan sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Mengkonsumsi buah kurma juga membantu diri Anda terhindar dari resiko berbagai jenis kanker. Zat-zat fitokimia yang terdapat pada kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

2. Mencegah Sembelit
Hal itu dikarenakan di dalam kurma memiliki kandungan tinggi serat yang sangat efektif sekali dalam mengatasi masalah dalam pencernaan.

3. Sebagai Sumber Energi
Kandungan glukosa dan fruktosa yang sangat tinggi dalam buah kurma merupakan sumber energi yang dapat membantu tubuh kembali bugar.

4. Baik untuk merangsang saraf
Kandungan kalium yang ada dalam kurma dapat meningkatkan rangsangan pada saraf. Dengan mengkonsumsi kurma bisa meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat. Manfaat ini sangat baik untuk menutrisi tubuh kita dan untuk mempertahankan serta mempertajam daya ingat.

5. Mengatasi Anemia
Kandungan gula dalam kurma tidak hanya dapat dijadikan sebagai menambah energi tapi juga dapat mengatasi anemia. Anemia atau kekurangan darah dapat disebabkan oleh banyak faktor. Dengan menambah asupan gula pada setiap makanan dapat mengatasi gejala anemia yang timbul.
Baca: Gejala dan penyebab Anemia
6. Menjaga kesehatan jantung
Kurma merupakan buah yahng kaya akan kandungan kalium. Seperti yang kita tahu salah satu fungsi kalium adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah karena dapat menstabilkan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot-otot jantung, dan mengatur tekanan darah.

7. Aman untuk penderita diabetes
Kurma juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kurma mengandung karbohidrat sederhana yaitu glukosa dan fruktosa. Glukosa adalah karbohidrat yang membutuhkan insulin dalam penyerapannya. Sedangkan fruktosa adalah senyawa gula yang terdapat dalam buah-buahan. Untuk masuk kedalam sel, fruktosa tidak membutuhkan insulin, dengan demikian kurma aman bagi penderita Diabetes Melitus (DM).
Baca: Ciri-Ciri Penyakit Diabetes
8. Mencegah infeksi pada kulit sensitif
Protein dan vitamin B6 di dalamnya mampu mencegah infeksi dan iritasi bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Menggunakannya sebagai masker wajah akan membuatnya tampak segar dan bersinar.
Baca: Manfaat Vitamin B6 bagi kesehatan
9. Mencegah penyakit jantung koroner dan Stroke
Kalium di dalamnya sangat dibutuhkan oleh sel dan cairan tubuh untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Kalium sangat berperan bagi tubuh untuk mencegah penyakit stroke dan jantung koroner.
Baca: Gejala dan penyakit jantung
10. Mencegah rematik
Siapa yang menyangka kalau buah yang berasal dari Timur Tengah ini punya kemampuan untuk mencegah terjadinya rematik? Hal Ini karena buah kurma mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan terutama tulang dan otot.

11. Mencegah insomnia
Insomnia atau kesulitan untuk tidur tepat waktu kerapkali diderita oleh orang-orang yang sibuk di zaman modern ini. Dampaknya, keseimbangan tubuh mulai terganggu karena sistem metabolisme yang tidak teratur. Kandungan vitamin B3 dalam buah kurma dapat membantu anda mengurangi gejala insomnia.

Subscribe to receive free email updates: