Manfaat Teh Hijau bagi kesehatan kita

Manfaat Teh Hijau-Teh hijau adalah jenis teh yang dibuat dari daun Camellia sinensis yang telah mengalami oksidasi minimal selama pemrosesan. Teh hijau berasal dari China dan telah dikaitkan dengan banyak kebudayaan di Asia dari Jepang ke Timur Tengah. Orang Cina telah mengetahui tentang manfaat teh hijau sejak zaman kuno, yang sering digunakan untuk mengobati segala penyakit, dari sakit kepala sampai depresi selama lebih dari 4000 tahun.

Saat ini, penelitian ilmiah di Asia dan Eropa telah membuktikan manfaat kesehatan jangka panjang bagi peminum teh hijau. Teh hijau telah terbukti memberikan efek positif yang dapat mempengaruhi banyak sistem dalam tubuh dan menghambat perkembangan beberapa penyakit. Teh hijau berisi banyak sekali mineral dan antioksidan, yang telah terbukti bermanfaat bagi tubuh. Banyak orang saat mendengar bahwa teh hijau bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, tapi tidak banyak yang tahu persis mengapa demikian. Namun setelah Anda belajar semua manfaat kesehatan dari teh hijau, Anda akan mendapatkan perasaan yang sama sekali berbeda setiap kali Anda meminumnya.
Manfaat Teh Hijau
Berikut adalah beberapa manfaat teh hijau bagi kesehatan:
1. Membantu Mencegah Kanker
Salah satu manfaat kesehatan utama dari teh hijau adalah dapat mencegah kanker. Teh hijau adalah antioksidan yang sangat kuat yang memiliki efek antikanker. Polyphenol hadir dalam teh hijau, efektif melindungi sel-sel tubuh Anda dan membantu Anda menghancurkan sel ganas. Teh hijau sangat membantu dalam mencegah kanker di saluran pencernaan seperti kanker lambung, kanker usus besar dan kanker usus duabelas jari. Teh hijau juga membantu mencegah kanker paru-paru dan payudara.

2. Membantu dalam menurunkan berat badan
Sebuah penelitian baru yang dilakukan para ilmuwan Swiss menyimpulkan bahwa minum teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 4%. Ahli gizi menunjukkan bahwa minum teh dapat membantu orang menurunkan berat badan karena teh hijau bebas kalori, akan tetapi masih penemuan baru ini masih harus dikaji lebih dalam.

3. Mengurangi risiko Penyakit Jantung (kardiovaskular)
Antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi risiko penggumpalan darah, tekanan darah, gula darah yang tinggi, kolesterol jahat dan memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular (peredaran darah). Para EGCG (epigallocatechin-gallate) dalam teh hijau dipercaya untuk memperlambat penumpukan plak yang menyumbat arteri. Teh hijau juga dipercaya dapat meningkatkan LDL-HDL rasio kolesterol, trigliserida dan fibrinogen.

4. Mengurangi resiko Diabetes Tipe 2
Teh hijau kaya dengan polisakarida dan polifenol. Ini hadir antioksidan dalam teh hijau bila dikonsumsi, menurunkan tekanan darah dan tingkat gula sehingga mencegah terjadinya Diabetes Tipe 2.

5. Mengurangi Masalah Kulit
Teh hijau adalah salah satu solusi alami yang membantu Anda untuk menyingkirkan keriput kulit dan noda di wajah. Hal ini terbukti menjadi solusi yang baik untuk kulit, jerawat psoriasis, rosacea dan kutil.

6. Membantu dalam Perawatan Gigi
Teh hijau mengandung fluoride yang baik untuk gigi. Flouride dapat menekan proses pembentukan plak dan menghancurkan bakteri yang membentuk plak. Flouride dapat juga menghancurkan bakteri penyebab bau mulut.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Para flavonoid dan polifenol hadir dalam teh hijau dikatakan meningkatkan daya tahan tubuh kita pada tingkat yang luar biasa. Antioksidan dari teh hijau memiliki kapasitas untuk menekan reseptor yang menyebabkan alergi dalam sistem Anda. Sifat bakteri antivirus dan anti teh hijau mencegah Anda dari mendapatkan ke flu menular, batuk pilek dan umum.

8. Penghilang Stres
Catechin yang hadir dalam teh hijau menghilangkan kantuk dan bekerja sebagai seorang penghancur stres. Teh hijau dengan kandungan kafein adalah stimulan yang baik untuk energi waktu singkat. Teh hijau mengandung asam amino, Theanine, yang membantu dalam produksi dan pelepasan bahan kimia yang disebut Dopamin. Dopamin dan Theanine itu sendiri, baik merangsang perasaan kesejahteraan dalam tubuh.

Teh hijau adalah alami, sehingga Anda dapat mengharapkan efek samping yang sangat sedikit atau mungkin tidak sama sekali ketika minum secara teratur. Namun, Minum terlalu banyak teh hijau dapat mengurangi manfaat kesehatan. Juga, cara terbaik untuk menjaga semua nutrisi melawan penyakit adalah minum teh yang baru diseduh. Semua tanpa kafein, siap minum kemasan atau instan teh akan memberikan sangat sedikit senyawa kesehatan alami.

Subscribe to receive free email updates: