Manfaat Sawo untuk Kesehatan tubuh kita

Manfaat Sawo untuk Kesehatan tubuh kita-Buah sawo (Achras sapota L) cukup dikenal dikalangan masyarakat. Baunya harum dan rasanya manis lezat. Rasa getahnya masih sering melekat pada mulut. Dalam kondisi matang, buah ini dapat dibuat menjadi minuman segar atau sebagai campuran es krim. Rasa buah sawo yang manis membuat buah ini banyak penggemarnya. Rasa manis ini disebabkan kandungan senyawa gula dalam daging buah dengan kadar 16-20 persen. Bukan hanya senyawa gula, dalam daging buah sawo juga mengandung lemak nabati, protein, vitamin A, B, dan C, mineral besi, kalsium, serta fosfor. Buah sawo memiliki kandungan mineral cukup baik. Buah ini merupakan sumber kalium yang baik, yaitu 193 mg/100 g.
Di lain pihak, sawo juga memiliki kadar natrium yang rendah, 12 mg/100 g. Perbandingan kandungan kalium dan natrium yang mencapai 16:1 menjadikan sawo sangat baik untuk jantung dan pembuluh darah. Vitamin lain yang juga terkandung pada buah sawo adalah riboflavin, niasin, B6, dan vitamin A. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber vitamin dan mineral, sawo sebaiknya tidak diberikan kepada bayi karena getahnya dikhawatirkan akan mengganggu saluran pencernaan.

Dibalik rasa buah yang manis, ternyata buah sawo juga memiliki beragam manfaat dan kegunaan bagi tubuh kita, mari kita lihat apa saja dari kesekian banyaknya manfaat buah sawo, yaitu:

1. Membantu pembentukan sel darah merah
Sawo memiliki kandungan yang bernama zat besi yang berguna untuk membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kekurangan darah merah dapat menyebabkan penyakit anemia yang membuat tubuh mudah lemas dan pusing. Mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi juga disarankan bagi ibu hamil supaya terhindar dari anemia yang berbahaya.

2. Menjaga kesehatan tulang
Sawo memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan kalsium dan fosfor yang bagus dalam menjaga tulang kita hingga tua nanti. kesehatan tulang merupakan salah satu aset penting untuk kita tua nanti.

3. Mengatasi radang mulut
Cara menggunakan sawo untuk mengatasi radang mulut dapat digunakan dengan mencincang sawo lalu rebus selama 10 menit dengan 2 gelas air bersih. Gunakan air rebusan dari sawo tersebut untuk berkumur.

4. Sebagai obat diare
Cara menggunakan sawo sebagai obat diare adalah dengan menggunakan 15 tetes getah sawo yang masih muda. Seduh menggunakan setengah gelas air panas. Anda dapat meminumnya setelah airnya hangat atau dingin. Selain itu, anda juga dapat menggunakan sawo sebagai obat diare dengan cara mencuci sawo hingga bersih lalu parut dan peras. Air perasan sawo dapat anda campurkan dengan air matang lalu minum 2 kali sehari.

5. Bagus untuk kesehatan mata
Sawo mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Menjadikan sawo sebagai buah favorit merupakan pilihan tepat untuk menjaga mata anda tetap sehat dan terhindar dari gangguan mata.

6. Bagus untuk pertumbuhan
Sawo mengandung protein yang bagus untuk pertumbuhan terutama bagi mereka yang masih dalam tahap perkembangan.

7. Mencegah kanker usus
Buah sawo mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat di dalam sawo juga membantu mengatasi sembelit sekaligus mencegah terjadinya kanker usus.

8. Mengatasi sariawan
Buah sawo mengandung banyak vitamin yang berguna dalam mengatasi radikal bebas penyebab penyakit dimana salah satunya sariawan. Untuk mencegah datangnya sariawan, ada baiknya anda menjaga kesehatan mulut anda dengan baik dimana salah satunya adalah dengan cara rutin menggosok gigi 2 hingga 3 kali dalam sehari. Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin C supaya sistem kekebalan tubuh meningkat.

9. Mencegah terjadinya penuaan dini
Vitamin E yang terdapat dalam sawo juga bagus untuk menghindari penuaan dini atau terjadinya keriput pada kulit terutama pada wajah.

10. Untuk mengobati disentri
Untuk mengobati disentri, anda dapat mengambil sawo yang masih muda lalu haluskan dan campur menggunakan garam secukupnya. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari. lakukan hingga sakit anda berkurang.

11. Menjaga kecantikan kulit
Sawo mengandung vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit. Banyak mengonsumsi makanan mengandung vitamin E membuat kulit kita tetap lembab dan tampak lebih bersih.

Subscribe to receive free email updates: