Manfaat Lengkuas Merah bagi Kesehatan

loading...
Manfaat Lengkuas Merah bagi Kesehatan-Lengkuas merah ditemukan menyebar di seluruh dunia. Untuk tumbuh, lengkuas menyukai tanah gembur, sinar matahari banyak, sedikit lembab, tetapi tidak tergenang air. Kondisi tanah yang disukai berupa tanah liat berpasir, banyak mengandung humus. Dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter di permukaan laut. Untuk mengembangbiakkan tanaman ini dapat dilakukan dengan potongan rimpang yang sudah memiliki mata tunas. Selain itu dapat pula dengan memisahkan sebagian rumpun anakan.

Manfaat Lengkuas Merah bagi Kesehatan

Pemeliharaan lengkuas merah mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan. Terutama pupuk dasar. Yang perlu diwaspadai dari tanaman ini menurut ahli tanaman obat Dr. Setiawan Dalimartha ialah, bila rimpangnya tidak sesuai takaran yang berlaku, justru akan menjadi racun. "Jadi harus sesuai takaran dan harus kontinyu" jelasnya lagi. Menurutnya pula, dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan, bahwa tanaman ini memiliki sifat: Anti jamur dan anti kembung. Disebutkan, dari penelitian diketahui, dalam lengkuas merah terdapat zat-zat yang bisa merangsang semangat, mencegah ejakulasi dini, mematikan jamur, anti kejang, analgetik, anestetik, serta penekan pengendali gerak.

Kandungan Senyawa pada Lengkuas adalah:
Rimpang: saponin, tanin, flavonoid, minyak atsiri;
Batang: saponin, tanin, flavonoid.

Manfaat Lengkuas Merah Bagi Kesehatan:
1. Obat meningkatkan gairah seks (aprodisiak)
Ambil dua rimpang lengkuas merah, dua rimpang jahe merah ditambah tiga sampai empat gram bubuk merica hitam. Rebus dengan air empat gelas, jadikan tiga gelas. Minum tiga kali sehari, masing-masing segelas setelah ditambah dua sendok makan madu.

2. Sebagai Obat Rematik
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya sudah sejak zaman dahulu lengkuas sering dimanfaatkan untuk mengobati rematik, cara pemakaiannya sebagai berikut:
Bahan-Bahan: 2 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari dan 1 butir telur ayam kampung
Pengolahan: parut lengkuas kemudian ambil airnya dengan cara diperas, telur ambil kuningnya saja. Kemudian campurkan air lengkuas dan kuning telur aduk sampai merata.

3. Untuk mengobati Sakit Limpa
Lengkuas bisa mengobati penyakit limpa, seperti pembengkakan pada limpa. Cara penggunaanya sebagai berikut:
Bahan-Bahan: 2 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, 3 rimpang temulawak kira-kira sebesar ibu jari dan daun meniran 1 genggam.
Pengolahan: rebus semua bahan-bahan dengan tambahan 3 gelas air hingga mendidih
Pemakaian: rutin minum olahan tersebut sebanyak 2 kali 1 cangkir dalam satu hari, pagi hari dan sore hari.

4. Pembangkit Nafsu Makan
Bagi anda yang sedang dilanda kurang nafsu makan, bisa menggunakan ramuan tradisional dari lengkuas, caranya:
Bahan-Bahan: 1 rimpang lengkuas kira-kira sebesar ibu jari, Mengkudu sebanyak 3 buah, kecur setengah rimpang, bubuk ketumbar sebanyak setengah sendok teh, bawang putih 1 siung, asam jawa masak 3 mata, gular merah 1 potong, jakeling, jarahab, dan jalawe.
Pengolahan: rebus semua bahan-bahan tadi dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas.
Pemakaian: minum ramuan tadi sebanyak 2 kali dalam sehari, pagi setengah gelas dan sore setengah gelas.

5. Menghilangkan Panu dengan Lengkuas
Jika anda memiliki panu, agar tidak sampai merusak kulit bisa menggunakan cara alami dengan memanfaatkan lengkuas, berikut caranya:
Bahan-Bahan: lengkuas dan kapur sirih secukupnya
Pengolahan: tumbuh bahan-bahan hingga halus
Pemakaian: digosokan pada kulit yang terdapat panu, rutin pagi dan sore.
loading...

Subscribe to receive free email updates: