Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

loading...
Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan-Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Nama Lokal:
Saffron (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia); Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura).

Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat-zat manfaat lainnya.

Kandungan senyawa pada kunyit:
Kurkumin: R1 = R2 = OCH3 10% Demetoksikurkumin: R1 = OCH3, R2 = H 1-5% Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri/Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil). Lemak 1-3%, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium).

Mafaat Kunyit bagi Kesehatan:
Kunyit (Curcuma domestica) merupakan salah satu jenis tanaman obat yang banyak memiliki manfaat, di antaranya sebagai bumbu masak (terutama kare), pewarna makanan, minuman, tekstil dan kosmetik. Tanaman ini telah dikenal sejak lama di Indonesia dan penggunaannya cukup banyak dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat pola hidup dewasa ini yang cenderung moderen dengan gejala serba instan, menjadikan penyakit yang berkembang di masyarakat juga beragam. salamsepuluh tahun terakhir, banyak penyakit yang mencuat dimasyarakat di antaranya aids, kanker, flu burung dan bahkan gejala pikun dini.
Baca Juga: Daya Ingat Otak
Kondisi ini membuat masyarakat mulai berfikir untuk mencari pengobatan alternatif secara konvensional disamping pengobatan modern. salah satu tanaman obat yang berpeluang sebagai pengganti pengobatan kimiawi yang dapat memperlambat datangnya penyakit pikun adalah kunyit. penggunaan tanaman ini biasanya berupa bubuk atau tepung kunyit yang diracik ke dalam bumbu masak. rimpang kunyit sangat bermanfaat sebagai antikoagulan, menuruunkan tekanan darah, obat cacing, abat asma, penambah darah, obat sakit perut, diare, usus buntu dan rematik. selain bermanfaat dalam pengobatan, rimpang kunyit juga banyak digunakan untuk bahan pewarna, bahan campuran kosmetika, bakterisida, fungisida dan stimulan.

1. Kunyit dapat mencegah panas dalam.
Ambil 1 biji kunyit yang agak besar, lalu bersihkan kunyit sampai tidak tersisa lagi bekas tanah yang menempel. Kuliti sampai bersih, parut kunyit sampai mempunyai bagian-bagian yang kecil. sisihkan. Ambil gula merah dan potong secukupnya, campurkan keduanya bersamaan dengan menggunakan air panas. Aduk dan sampai terlihat mengental, lalu parutan kunyit tadi Anda saring, dan minum selagi hangat. lakukan terus, sampai panas dalam Anda hilang.

2. Kunyit dapat mencegah keputihan.
Ambil 6 ruas kunyit, satu genggam daun beluntas, satu gagang asam, sepotong gula aren. bersihkan dulu semua bahan, lalu bahan direbus secara bersamaan sampai air mendidih, jika sudah mendidih, saring bahan dan minumlah secara rutin, satu gelas per hari.

3. Mencegah gatal-gatal dan penyakit kulit.
Ambil 1 ruas kunyit, bersihkan lalu parut kunyit. Ambil biji cengkeh lalu ditumbuk, parutan kunyit tadi Anda campurkan dengan tumbukan biji cengkeh dan bunga melati. remas-remas, lalu balurkan pada tubuh yang gatal. untuk mencegah luka, Anda cukupmen campurkan parutan kunyit dan asam kawak, balurkan sampai luka mongering dan tidak terasa sakit lagi.

4. Mencegah rasa tidak nyaman dimulut seperti sariawan, bengkak pada mulut, dan gatal-gatal pada tenggorokan.

bersihkan kunyit terlebih dahulu, lalu parut kunyit dan campurkan air perasannya dengan sedikit garam. lakukan terus sampai rasa sakit hilang.

5. Akar kunyit dipercaya dapat menyembuhkan penyakit rematik dan bengkak-bengkak pada tubuh Anda.

6. Karena kunyit mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit dipercaya dapat menurunkan kolesterol, dan menyempitkan arteri, selain itu kunyit dapat mencegah penyakit serangan jantung mendadak.

7. Kunyit yang mempunyai kandungan vitamin C dan E yang tinggi juga karatenoid ini adalah sejenis makanan herbal yang dapat menghalangi oksigen berlebih yang masuk dalam badan. oleh karena itulah, selain meningkatkan daya tahan tubuh, kunyit juga dapat mencegah masuk angin.

8. Mengobati Kanker
Kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit merupakan antioksidan yang berkhasiat mencegah kerusakan dan mutasi sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Serta kandungan kurkumin memiliki manfaat untuk menghambat pertumbuhan kanker.

9. Mencegah Alzheimer
kunyit memiliki kandungan zat anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dengan mengkonsumsi kunyit dapat mencegah penyakit Alzheimer.

10. Mencegah Diabetes
Kunyit mengandung zat kurkumin yang dapat mengurangi resistansi insulin. kandungan ikurkumin ini dapat mengontrol kadar glukosa dalam darah sehingga dapat mengurangi resiko terserang diabetes.

11. Mencegah Anemia
Kunyit mengandung zat besi, sehingga dapat mengobati maupun mencegah terjadinya anemia dengan cara mengkonsumsinya dengan rutin.

12. Menyembuhkan Luka
Kunyit mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antiseptik. Dengan kandungan senyawa antiseptik sangat baik digunakan untuk mengobati untuk luka biasa maupun luka bakar.
loading...

Subscribe to receive free email updates: