Manfaat Daun sirih bagi Kesehatan


Manfaat Daun sirih bagi Kesehatan-Sirih (Piper betle) termasuk jenis tumbuhan merambat dan bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini panjangnya mampu mencapai puluhan meter. Bentuk daunnya pipih menyerupai jantung dan tangkainya agak panjang. Permukaan daun berwarna hijau dan licin, sedangkan batang pohonnya berwarna hijau tembelek (hijau agak kecoklatan) dan permukaan kulitnya kasar serta berkerut-kerut.

Daun sirih disamping untuk keperluan ramuan obat-obatan juga masih sering digunakan oleh ibu-ibu generasi tua untuk kelengkapan 'nginang' (Jawa). Biasanya kelengkapan untuk 'nginang' tersebut adalah daun sirih, kapur sirih, pinang, gambir, dan kapulaga.

Manfaat Daun sirih bagi Kesehatan

Nama Lokal: Betel (Perancis), Betel, Betelhe, Vitele (Portugal); Sirih (Indonesia), Suruh, Sedah (Jawa), Seureuh (Sunda); Ju jiang (China).

Kandungan Senyawa sirih:
Minyak atsiri dengan komponen utama kavikol dan kavibetol (betelfenol), metil eter eugenol, eugenol, kavibetol asetat, 4-(2-propenil)-1,2-benzenadiol dan flavonoid.

Manfaat Daun sirih bagi kesehatan, yaitu:
1. mengobati Keputihan
Bahan: 7-10 lembar daun sirih. Cara membuat: direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Cara menggunakan: air rebusan daun sirih tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk membasuh/membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

2. mengobati Sifilis
Bahan: 25-30 lembar daun sirih bersama tangkainya; 0,25 kg gula aren dan garam dapur secukupnya. Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring.

3. Mengobati Kanker
Daun sirih memiliki khasiat dalam mengobati kanker, anda bisa memakainya untuk mengobati kanker dengan cara mengambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus sampai airnya berkurang menjadi 1/4 bagian, kemudian ambil air hasil rebusan daun sirih itu, campurkan dengan madu. Minumlah 3 kali sehari di saat masih dalam kondisi hangat.

4. Melancarkan Buang Air Kecil
Daun sirih memiliki senyawa diuretik yang berkhasiat untuk melancarkan buang air kecil. Apabila anda mengalami masalah dalam susah buang air kecil, anda bisa mencoba memakai daun sirih dengan cara membuatnya jus daun sirih.

5. Mengobati Mimisan
Apabila anda sering mengalami mimisan atau yang bisa disebut pendarahan melalui hidung, anda bisa menghentikannya dengan memakai daun sirih. Caranya dengan mengambil 1 lembar daun sirih yang masih muda, lalu lumatkan, sesudah itu gunakan untuk menyumbat hidung sampai tidak keluar darah lagi.

6. Mengobati Luka Bakar
Apabila anda mengalami luka yang disebabkan luka bakar, misalnya terkena knalpot atau lain sebagainya anda bisa memakai daun sirih untuk mengobatinya. kandungan zat alkaloid, antioksidan, dan manfaat vitamin C pada sirih akan membantu meredakan peradangan pada area kulit yang terbakar. Caranya dengan memeras daun sirih secukupnya, lalu masukkan sedikit madu, kemudian ditempelkan pada bagian kulit yang luka.

7. Mengobati Bronkitis
Anda memiliki masalah dengan bronkitis, anda bisa mengobatinya dengan memakai daun sirih dengan cara merebus 5 sampai 7 lembar daun sirih yang sudah dicuci sampai bersih bersama dengan sepotong gula batu dalam 2 gelas air yang bersih. Tunggu hingga air tersisa satu gelas saja. Lalu minum 3 kali sehari.

8. Mengatasi gejala keputihan
Daun sirih juga dapat berperan sebagai antiseptik yang bermanfaat untuk membunuh bakteri Candida penyebab keputihan.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh
Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada pada sirih meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

10. Mengobati Mata Merah
Kandungan senyawa alkaloid pada daun sirih berperan sebagai anti bakteri dan anti radang, yang akan meredakan mata merah akibat iritasi.

11. Mengobati Gusi Berdarah
Sebagai obat gusi berdarah kandungan saponin, tanin, mineral kalsium dan fosfor akan meredakan peradangan yang terjadi saat gusi mengalami pendarahan.
loading...

Subscribe to receive free email updates: