Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan

loading...
Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan-Indonesia adalah negara yang sangat kaya dengan beraneka ragam tumbuh-tumbuhan atau tanaman. Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia memiliki tanah yang sangat subur, sangat cocok sebagai tempat tumbuh kembangnya berbagai macam tanaman, dari berbagai macam jenis, spesies.

Tanaman yang tumbuh subur tersebut tidak hanya tanaman yang asli berasal dari tanah Indonesia, salah satunya yakni daun salam, banyak juga berbagai tanaman yang berasal dari luar negeri seperti: Asia, Afrika ataupun Amerika latin. tanaman tersebut bisa masuk dan tumbuh subur setelah di bawa dan di sebarkan oleh para pedagang dari luar negri.

Kandungan yang terdapat pada daun salam
Terdapat beberapa kandungan yang ada didalam pohon salam antara lain minyak essensial, minyak atsiri, tanin dan flavonoid. Dengan kandungan tersebut maka pohon salam banyak dimanfaatkan dengan mengolahnya untuk mengobati berbagai macam penyakit antara lain melancarkan peredaran darah, mengatasi asam urat, kolesterol tinggi, radang lambung, diare, gatal-gatal, stroke, kencing manis.

Manfaat daun salam bagi kesehatan
Daun salam digunakan untuk pengobatan: Kolesterol tinggi, Kencing manis (Diabetes mellitus), Tekanan darah tinggi (Hipertensi), Radang lambung/maag (gastritis) dan Diare.

Beberapa manfaat daun salam untuk mengobati penyakit secara alami dapat kita peroleh:
  1. Daun salam sebagai obat sakit Diare. Sediakan 15 lembar daun salam lalu cuci hingga bersih. Rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih, lalu tambahkan sedikit garam dan biarkan hingga dingin. Saring airnya dan minum.
  2. Daun salam untuk mengobati Kencing Manis/Diabetes Mellitus. Siapkan sekitar 7-15 lembar daun salam yang masih segar. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan tunggu hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas. Peras dan saring airnya, lalu minum 2x sehari tiap sebelum makan.
  3. Daun salam untuk obat sakit Asam Urat. Manfaat daun salam ini dapat Anda peroleh dengan menyediakan sekitar 10 lembar daun salam yang masih segar, lalu cuci hingga bersih, kemudian rebus menggunakan 4 gelas air dan tunggu hingga mendidih dan air yang tersisa tinggal 2 gelas. Saring airnya dan minum.
  4. Daun salam sebagai obat Sakit maag (gastritis). Siapkan sekitar 15-20 lembar daun salam yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih dan rebus menggunakan 0,5 liter air hingga mendidih selama 15 menit. Setelah mendidih, beri gula enau secukupnya. Tunggu hingga agak dingin dan minum airnya. Anda dapat meminum ramuan ini setiap hari hingga maag Anda sembuh.
  5. Kudis, gatal. Daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
  6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Imunitas), Daun salam memiliki kandungan berbagai macam jenis vitamin, termasuk vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai penyakit.
  7. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi, Kandungan zat tanin dan flavonoida yang cukup tinggi dalam daun salam memungkinkannya untuk menjadi obat herbal bagi penderita tekanan darah tinggi.
  8. Mengobati Penyakit Asam Urat, Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin C dan Vitamin B kompleks yang sangat berguna dalam penyembuhan asam urat.
  9. Mengobati Berbagai Penyakit Kulit, Daun salam mengandung beberapa jenis senyawa kimia yang sangat berfungsi untuk obat luar sebagai obet dari berbagai masalah kulit seperti alergi dan gatal-gatal.

Pohon salam mempunyai daun yang lebat, daun nya berbentuk lonjong. Kasiat daun salam sudah dipercaya sejak dulu oleh sebagian masyarakat. Dalam hal bumbu masakan, daun salam sering kali digunakan. Bila kita tidak mempunyai tanaman tersebut kita bisa membeli dipasar tradisional, banyak sekali dijual dipasar dengan harga yang sangat murah. Manfaat daun salam untuk mengobati penyakit seperti yang terdapat diatas biasanya bisa dilakukan secara tradisional seperti merebus beberapa lembar daun salam dengan takaran air tersediri hingga mendidih, setelah itu diminum hasil rebusan tersebut.
loading...

Subscribe to receive free email updates: