Manfaat daun Saga

Manfaat daun Saga-Saga (Abrus precatorius L) merupakan salah satu tanaman yang berkhasiat sebagai obat sariawan, obat batuk dan obat radang tenggorokan. Penelitian sebelumnya juga menyebutkan bahwa daun saga mempunyai aktivitas sebagai antibakteri, dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman saga (Abrus precatorius L).

Manfaat daun Saga

Kandungan senyawa yang terdapat pada tumbuhan saga:
Daun, batang dan biji Abrus precatorius mengandung saponin dan flavonoida, di samping itu batangnya juga mengandung polilenol dan bijinya juga mengandung lanin, sedangkan akarnya mengandung alkoloida, saponin dan polifenol.

Beberapa manfaat dari daun saga, yaitu:
1. Mengobati radang mata
Kandungan vitamin A pada daun saga dapat menghilangkan radang mata.

Caranya: dapat dilakukan dengan merebus satu tangkai daun saga dengan 2 gelas air. Ketika air matang, uap air pada bagian atas cerek/teko/tempat merebus diuapkan ke arah mata agar uapnya mengenai bagian mata, kemduian setelah air rebusangan menjadi hangat atau dingin, air rebusan daun saga diusapkan pada mata.

2. Mengobati amandel
Para penderita amandel tidak perlu khawatir untuk mencari obat yang tepat. Daun saga tersedia di alam bebas untuk penyakit yang satu itu.

Caranya: ambil beberapa lembar daun saga dan segenggam akar saga lalu rebus bersama kulit kayu manis dan gula batu. Rebus dengan 4-5 gelas air hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan tersebut hingga menjadi 2 gelas. Lakukan dengan rutin setiaphari dua kali, yaitu pagi dan sebelum tidur. Jika kalian merasa air rebusan daun saga tadi memiliki rasa kurang pas di lidah, kalian bisa menambahkan madu secukupnya.

3. Mengobati sariawan
Daun saga dapat menyembuhkan sariawan.

Caranya cukup mudah. Ambil satu tangkai daun saga, lalu jemur beberapa saat. Setelah mulai tampak layu, kunyah daun tersebut selam 10 menit. Dalam hal ini, enzim di dalam mulut akan berpadu dengan senyawa yang dapat membunuh penyebab sariawan. Lakukan selama 3 hari berturut-turut.

4. Mengobati penyakit jantung
Tidak banyak yang mengetahui manfaat daun saga untuk penyakit jantung. Namun dalam pengobatan menggunakan herbal, daun saga sangat direkomendasikan sebagai bahan alami untuk menyembuhkan penyakit mematikan itu.

Caranya: sediakan 10 gram daun saga manis dicampur 10 gram daun sembuh. Campurkan dengan 5 gram kencur, lalu rebus dengan 5 gelas air. Setelah mendidih biarkan hingga hangat kuku. Sangat direkomendasikan untuk meminum air ini pada pagi hari.

5. Mengobati batuk kering
Bagi anda yang sering mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, barangkali ada flek di dalam paru-parunya. Nah, untuk menhilangkan flek ini, daun saga dapat menjadi salah satu alternatif terbaik.

Caranya, sediakan beberapa lembar daun saga, campurkan dengan buah pare yang telah matang. Tumbuk halus kedua campuran tersebut lalu rebus dengan 4 gelas air. Saring air rebusan tersebut, lalu minum airnya. Minum setiap pagi hari dan menjelang tidur. Hal ini dimaksudkan untuk membantu paru-paru dalam membunuh kuman penyebab flek.

6. Menyembuhkan tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi dalam jangka panjang dapat berujung pada stroke. Oleh karena itu, sebaiknya darah tinggi dikontrol dengan baik dan sedapat mungkin dihilangkan faktor pemicunya. Salah satu cara mengantisipasi tekanan darah tinggi adalah dengan meminum air rebusan daun saga secara rutin 2 kali seminggu.

Caranya, rebus beberapa tangkai daun saga bersama daun waluh putih dan daun semangi, lalu minum airnnya. Sebisa mungkin minum air daun saga ini setelah mulai dingin (jangan dalam keadaan hangat kuku). Hal ini dimaksudkan untuk mencegah peningkatan tekanan darah sesaat setelah meminumnya.

7. Untuk menyuburkan rambut
Daun saga dapat menyuburkan rambut dan mencegah kebotakan. karena daun saga dan biji saga dapat dibuat menjadi gel atau pasta layaknya minyak rambut.

Caranya: tumbuk halus keduanya hingga halus, lalu campurkan dengan air panas secukupnya. Setelah menjadi bubur, oleskan merata pada seluruh kepala. Setelah itu keramas hingga bersih. Dalam beberapa kasus, gel daun saga ini juga dapat mencegah kerontokan dan dapat meluruskan rambut secara alami.

8. Untuk meningkatkan nafsu makan
Bagi yang sedang bermasalah dengan bobot badan yang tidak kunjung beranjak dari status ‘kurus’, barangkali dapat mencoba menggunakan daun saga.

Caranya: kukus beberapa helai daun saga ke dalam nasi yang sedang dimasak. Masukkan daun saga ketika nasi mulai matang. Biarkan selama 10 menit. Setelah itu, makan nasi seperti biasa dan jadikan daun ini sebagai sayur pelengkap hidangan. Kandungan vitamin B yang dimilikinya dapat meningkatkan selera makan anda.

9. Mengobati penyakit kuning
Penyakit kuning awalnya disebabkan oleh kelelahan yang luar biasa. Akibatnya hati harus bekerja ekstra dalam durasi yang lama. Hati yang terus bekerja akan kehilangan zat gula sebagai penghasil energi. Nah, dari sini lah berawal munculnya gejala hati menguning, mengeras hingga menimbulkan siriosis. Bila gelaja penyakit kuning mulai menyerang, sediakan beberapa lembar daun saga.

Caranya: Rebus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu,minum air sisa tersebut secara teratur pada pagi hari dan sore hari. Kandungan glukosa alami di dalam daun saga dapat menambah nutrisi bagi hati.
loading...

Subscribe to receive free email updates: