Manfaat Belimbing Wuluh bagi kesehatan

loading...
Manfaat Belimbing Wuluh bagi kesehatan-Belimbing wuluh tumbuh di daerah dengan ketinggian hingga 500 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini dapat ditemui di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung tetapi cukup lembab. Pengembangbiakan tanaman dapat dengan menyemai bijinya atau digunakan teknik pencangkokan.

Manfaat Belimbing Wuluh bagi kesehatan

Kandungan Kimia yang ada didalam Belimbing wuluh:
Daun, buah, dan batang Averrhoa belimbing mengandung vitamin A, B, C, saponin dan flavonoida. di samping itu daunnya juga mengandung tanin dan batangnya mengandung alkaloida dan polifenol.

Selain dipakai untuk bahan bumbu masakan, tanaman ini juga mempunyai khasiat sebagai obat.
  1. Bunga: Batuk,Sariawan (stomatitis).
  2. Daun: Perut sakit, Gondongan (Parotitis), Rematik.
  3. Buah: Batuk rejan, Gusi berdarah, sariawan, Sakit gigi berlubang, Jerawat, Panu, Tekanan darah tinggi, Kelumpuhan, Memperbaiki fungsi pencernaan, Radang rektum. 
Manfaat Belimbing Wuluh bagi kesehatan dan Cara Penggunaan Belimbing wuluh untuk kesehatan:
1. Mengobati penyakit gondok
Gondok adalah penyakit yang umum diderita karena kekurangan yodium dalam tubuh. Bagi penderita penyakit ini bisa di coba oabtnya dari belibming wuluh. Caranya yaitu dengan menumbuk setengah genggam daun belimbing dengan 3 siung bawang putih. Kemudian kompreskan hasilnya pada yang gondokan.

2. Mengobati Batuk
Batuk adalah penyakit ringan yang terkadang juga sangat menyusahkan dan menggelisahkan, banyak aktivitas yang tidak nyaman dilakukan kalau batuk melanda. Mengobati batuk bisa dengan bermacam obat generik dan obat kimiawi, namun bagi yang suka yang alami, anda bisa menggunakan bahan alami dari belimbing wuluh untuk mengobati penyakit batuk.

Caranya yaitu dengan mengambil segenggam daun belimbing, bunga belimbing, buah belimbing, kira-kira jumlahnya sama. Kemudian rebus dalam air mendidih selama 30 menit, dan dinginkan, minum airnya

3. Mengobati diabetes
Penyakit diabetes atau gula darah juga bisa diobati dengan buah belimbing wuluh. Caranya yaitu dengan menghancurkan 6 buah belimbing, kemudian direbus dalam 1 gelas air, rebus hingga tersisa ½ gelas air.

4. Mengobati reumatik
Reumatik adalah sekelompok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang, sendi, otot, bahkan darah atau organ tubuh lainnya. Penyakit ini disebabkan karena kegemukan, dan peradangan. Bagi penderita reumatik, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tradisonal dari daun belibming wuluh.

Caranya yaitu dengan menumbuh satu genggam daun belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan sedikit kapur sirih dan gosokkan pada tempat yang sakit, atau oleskan.

5. Mengobati sakit gigi
Untuk mengatasi penyakit gigi anda bisa mengambil 4 buah belimbing wuluh. Kunyah dengan garam dan ulangi beberapa kali. Penyakit gigi atau gusi bengkah anda akan cepat sembuh karena bakteri pembusukan dalam gigi akan mati dan menghilang.
loading...

Subscribe to receive free email updates: