Manfaat Bawang putih bagi Kesehatan

Manfaat Bawang putih bagi Kesehatan - Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih.

Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Berakar serabut. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung.

Manfaat Bawang putih bagi Kesehatan

Kandungan Kimia dan Sifat Kimiawi Bawang Putih
Bawang putih mengandung minyak atsiri, yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain. Umbi batang mengandung zat-zat:
  • Kalsium: bersifat menenangkan sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi. 
  • Saltivine: bisa mempercepat pertumbuhan sel dan jaringan serta merangsang susunan sel saraf. 
  • Diallysulfide, alilpropil-disulfida: anti cacing. 
  • Belerang 
  • Protein 
  • Lemak 
  • Fosfor 
  • Besi 
  • Vitamin A, B1 dan C. 
Manfaat bawang putih bagi kesehatan
Manfaat bawang putih ternyata tidak hanya digunakan sebagai bumbu masakan saja, namun pada bawang putih juga terkandung banyak khasiat yang berguna bagi kesehatan kita, diantaranya:

1. Untuk mengobati flu dan batuk.
Kandungan sulfur yang terkandung dalam bawang putih membuatnya memiliki bau dan rasa yang khas dapat meningkatkan dan mempercepat kegiatan membran mucous di saluran pernapasan, yang membantu melegakan pemampatan dan mengeluarkan lendir. bawang putih mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit.

2. Bawang putih dan kolesterol, darah tinggi, dan gagal jantung
Sekarang sudah banyak studi yang dipublikasikan di seluruh dunia yang memastikan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah tinggi, penyakit jantung. Hal ini karena kandungan senyawa yang terdapat didalam bawang putih.

3. Mencegah kanker
Bawang putih juga mempunyai kandungan untuk memerangi kanker, terutama kanker perut dan usus besar. organosulfida yang terkandung dalam bawang putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker ,beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi bawang putih memiliki resiko lebih rendah terkena kanker perut dan usus besar.

4. Ampuh Mencegah Demensia dan Alzheimer
Selain manfaat yang sudah dijelaskan diatas, kalau bawang putih juga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit syaraf pada manusia seperti demensia dan alzheimer. Wah sangat menakjubkan fakta ini! Ya memang benar kandungan antioksidan bawang putih mampu menjadi pelindung tubuh dari kerusakan oksidatif. Kemudian kerusakan pada syaraf (oksidatif) ini disebabkan oleh radikal bebas dan juga sangat berperan pada proses penuaan dini.

Subscribe to receive free email updates: