Atropin

Atropin adalah obat Antimuskarinik. Atropin adalah antagonis reseptor kolinergik yang diisolasi dari Atropa belladona L, Datura stramonium L dan tanaman lain keluarga Solanaceae.

Atropin. mipa-farmasi.com

Indikasi:
  1. Meringankan gejala gangguan pada gastrointestinal yang ditandai dengan spasme otot polos (antispasmodic)
  2. mydriasis dan cyclopedia pada mata
  3. premedikasi untuk mengeringkan sekret bronchus dan saliva yang bertambah pada intubasi dan anestesia inhalasi
  4. mengembalikan bradikardi yang berlebihan
  5. bersama dengan neostigmin untuk mengembalikan penghambatan non-depolarising neuromuscular, antidote untuk keracunan organophosphor
  6. cardiopulmonary resucitation

Kontra Indikasi:
Antimuscarinic kontraindikasi pada angle-closure glaucoma (glaukoma sudut sempit), myasthenia gravis (tetapi dapat digunakan untuk menurunkan efek samping muskarinik dari antikolinesterase), paralytic ileus, pyloric stenosis, pembesaran prostat.


Dosis dan Cara Pemakaian:
  • Premedikasi, injeksi intra vena 300-600 mcg, segera sebelum induksi anestesia, anak-anak 20 mcg/kg (maksimal 600 mcg).
  • Pemberian injeksi subcutan atau intramuscular 300-600 mcg 30-60 menit sebelum induksi
  • anak-anak 20 mcg/kg (maksimal 600 mcg).
  • Intra-operative bradicardia, pemberian injeksi intravena, 300-600 mcg (dosis yang lebih besar pada kondisi emergensi).
  • anak-anak (unlicensed indication) 1-12 tahun: 10-20 mcg/kg
  • Untuk mengendalikan efek muskarinic pada penggunaan neostigmin dalam melawan penghambatan neuromuskular kompetitif, pemberian injeksi intravena 0,6-1,2 mg.
  • anak-anak dibawah 12 tahun (tetapi jarang digunakan) 20 mcg/kg (maksimal 600 mcg) dengan neostigmin 50 mcg/kg

Efek Samping:
  1. Efek samping antimuscarinik termasuk kontipasi, transient (sementara) bradycardia (diikuti dengan takikardi, palpitasi, dan aritmia), penurunan sekret bronkial, retensi urin, dilatasi pupil dengan kehilangan akomodasi, fotophobia, mulut kering; kulit kering dan kemerahan.
  2. Efek samping yang terjadi kadang-kadang: kebingungan (biasanya pada usia lanjut), mual, muntah dan pusing

Peringatan dan atau Perhatian:
  1. Antimuskarinik harus digunakan dengan hati-hati pada Downs Syndrom, pada anak-anak dan pada orang tua
  2. Digunakan secara hati-hati pula pada penderita refluks gastroesofageal, diare, ulcerative colitis, infark miokardiak akut, hipertensi, kondisi yang ditandai dengan takikardi (termasuk hipertiroidism, insufisisiensi jantung, bedah jatung), pyrexia, hamil dan menyusui.
  3. Pengaruh terhadap kehamilan kategori: Faktor risiko C
  4. Penggunaan obat pada ibu hamil tidak diketahui apakah membahayakan, produsen menyarankan penggunaan dengan peringatan (hati-hati).
  5. Atropin dapat menembus plasenta manusia.
  6. Pengaruh terhadapibu menyusui: obat terdapat pada air susu dalam jumlah sedikit, produsen menyarankan penggunaan dengan peringatan (hati-hati) AAP rates compatible
  7. Pengaruh terhadap anak-anak: digunakan dengan peringatan (hati-hati) pada anak-anak.

Bentuk dan Kekuatan Sediaan:
Injeksi; tablet 600 mikrogram.

Penyimpanan:
  • Simpan injeksi pada suhu ruang yang terkontrol pada suhu 15-30°C
  • Hindari dari pembekuan dan lindungi dari cahaya.
  • Jika dicampur pada syringe yang sama pada suhu kamar, injeksi atropin sulfat dilaporkan secara fisik kompatibel sedikitnya selama 15 menit dengan injeksi berikut: chlorpromazine hydrochloride, cimetidine hydrochloride, dimenhydrinate, diphenhydramine hydrochloride, droperidol, fentanyl citrate, glycopyrrolate, hydroxyzine hydrochloride, hydroxyzine hydrochloride dengan meperidine hydrochloride, meperidine hydrochloride, meperidine hydrochloride dengan promethazine hydrochloride, morphine supfate, opium alkaloid hydrochloride, pentazocine lactate, pentobarbital sodium, prochlorperazineedisylate, promazine hydrochloride, promethazine hydrochloride, propiomazine hydrochloride atau scopolamine hydrobromide.
  • Kompatibilitas dengan larutan injeksi lain tergantung dari beberapa faktor seperti konsentrasi obat, pH akhir larutan dan temperatur.
  • Atropine sulfate injeksi dilaporkan secara fisik incompatible dengan norepinephrine bitartrate, sodium bicarbonate dan metaraminol bitartrate.
  • Kerusakan atau endapan terjadi dalam 15 menit jika atropine sulfate dicampur dengan larutan methohexital sodium.

Pustaka:
-MIMS Indonesia Edisi 15 Tahun 2014.
-ISO Indonesia Volume 46 Tahun 2011-2012.

Subscribe to receive free email updates: