Betametason topikal

Betametason topikal adalah obat kortikosteroid oles atau sering disebut steroid topikal. Betametason digunakan untuk mengurangi inflamasi kulit yang disebabkan oleh kondisi-kondisi seperti eksim, dermatitis, dan alergi. Betametason topikal akan meredakan gejala-gejala pembengkakan, gatal-gatal, dan kulit kemerahan.

Betametason topikal hanya digunakan khusus untuk kulit. Sebaiknya tidak digunakan pada kulit di bagian wajah, selangkangan, dan ketiak, terkecuali dokter Anda menyarankan demikian. Biasanya betametason topikal diberikan sebagai pengobatan jangka pendek. Jika digunakan dalam jangka waktu panjang, risiko munculnya efek samping akan meningkat.

Pastikan untuk mengambil jeda waktu pada pemakaian jangka panjang. Terdapat beberapa kandungan lain dalam pengolahan betametason topikal, misalnya kandungan antibakteri dan antijamur untuk infeksi yang disebabkan oleh jamur maupun bakteri. Selain itu, sebagian betametason topikal mengandung asam salisilat. Bahan ini berfungsi membantu penyerapan steroid oleh kulit.

Peringatan:
  1. Obat ini dapat terserap oleh kulit.
  2. Bagi wanita yang menyusui, jangan menggunakan produk ini pada bagian payudara.
  3. Pemakaian betametason topikal jangka panjang dan berlebihan bisa meningkatkan risiko terkena gangguan kelenjar adrenal, terutama pada anak-anak.
  4. Jauhkan obat ini dari mata.
  5. Obat ini bisa menyebabkan atau memperburuk penyakit katarak dan glaukoma apabila terkena mata berkali-kali.
  6. Apabila terkena mata, hidung, mulut, kulit yang luka, luka robek, atau luka bakar, segera basuh dengan air.
  7. Pemakaian pada kulit bagian yang tipis, seperti pada wajah dan lipatan tangan, dan pada bayi yang memiliki kulit lebih tipis daripada orang dewasa, maksimal hanya selama lima hari.
  8. Jangan gunakan pada anak berusia di bawah satu tahun.

Aturan Pemakaian Betametason Topikal:
Dioleskan secara tipis dan merata pada bagian kulit yang meradang/sakit, dilakukan 2 atau 3 kali sehari atau sesuai dengan petunjuk dokter.

Efek Samping Betametason Topikal:
  1. Sensasi rasa panas atau terbakar.
  2. Rasa gatal-gatal.
  3. Kulit kering.
  4. Penipisan kulit.
  5. Perubahan warna kulit.
  6. Kulit terlihat memar atau memerah.
Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, hentikan pemakaian dan temui dokter.

Cara Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering dalam wadah tertutup rapat.

Subscribe to receive free email updates: